Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Uji Tabrak Calya dan Sigra Terungkap

Kompas.com - 01/12/2016, 15:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sepang, KompasOtomotif – Di malam penghargaan ASEAN NCAP Grand Prix 2016 yang digelar di Sepang, Malaysia, pada Kamis (29/11/2016), organisasi independen ini mengumumkan hasil uji tabrak terkini pada sembilan model. Pengujian dilakukan pada kuartal empat tahun ini. 

Lima di antaranya mendapat rating lima bintang buat perlindungan penumpang dewasa (Adult Occupant Projection/AOP) sekaligus empat bintang perlindungan anak kecil (Child Occupant Protection/COP). Kelimanya yaitu Honda Civic, Toyota Sienta, Nissan NP300 Navara, Mitsubishi Pajero Sport, dan Hyundai Elantra.

Febri Ardani/KompasOtomotif Honda Civic generasi ke-10 dijual di Indonesia sejak April 2016
Catatannya, nilai penuh hanya untuk varian terlengkap. Varian Civic dan Sienta yang tidak punya pengingat sabuk pengaman on buat penumpang depan, serta Pajero Sport dan Elantra yang belum dilengkapi electronic stability control (ESC), diganjar empat bintang COP.

Funtasticko Tampang Proton Ertiga sebelum peluncuran.
Empat di antara sembilan model yang diuji diberi rating empat bintang AOP. Model yang masuk dalam daftar ini yakni si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Honda Brio, serta Proton Ertiga.

Paultan.org, Kamis (30/11/2016), mengabarkan, hanya Calya yang bisa mencapai empat bintang untuk OCP. Sementara Sigra, Brio, dan Proton Ertiga, dua bintang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com