Meski Murah, Transmover Tak Kehilangan Fitur Keselamatan - Kompas.com

Meski Murah, Transmover Tak Kehilangan Fitur Keselamatan

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 01/12/2016, 13:22 WIB
Ghulam/KompasOtomotif Transmover memiliki dua air bag di bagian depan.

Jakarta, KompasOtomotif – Avanza versi murah, Toyota Transmover, punya spesifikasi yang berbeda dengan model yang dijual untuk umum, terutama dari sisi eksterior dan beberapa bagian interiornya. Ini disesuaikan dengan kebutuhan pebisinis, di mana bisa sedikit menurunkan nilai jualnya.

Meski menjadi lebih murah dari versi terendah Avanza, Transmover tidak menanggalkan unsur keselamatan. Beberapa fitur keselamatan masih standar, seperti terdapat dua air bag pada bagian depan, dan sabuk pengaman (tiga titik) untuk setiap penumpangnya.

“Terkait fitur safety tidak berkurang, jadi dari tipe terendah Avanza, masih tetap sama menggunakan dua air bag, dan juga sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang,” ujar Bansar Maduma, Product General Manager CBU & Commercial Toyota Astra Motor (TAM), kepada KompasOtomotif, Rabu (30/11/2016).

Baca juga : Ini Bedanya Transmover dengan Avanza

Hanya saja, lanjut Bansar, untuk fitur Anti-Lock Braking System (ABS) tidak disematkan pada Toyota Transmover. Dirinya berharap, perusahaan taksi bisa menyadari itu, dan mengedukasi pengemudinya untuk tidak memacu kecepatan mobil di atas rata-rata.

“Iya Transmover tanpa ABS, dan karena itu kami harap perusahaan taksi akan sosialisasi ke semua pengemudinya, di mana mewajibkan mereka untuk tidak menggunakan kecepatan yang terlalu linggi. Ada kampanye itu juga, lebih ke arah situ,” ujar Bansar.

Bansar menambahkan, tentunya untuk urusan keselamatan, pihaknya tidak berkompromi. Saat ini Transmover sudah dipesan 300 unit, oleh beberapa taksi konvensional. 

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM