Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Murah, Transmover Tak Kehilangan Fitur Keselamatan

Kompas.com - 01/12/2016, 13:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Avanza versi murah, Toyota Transmover, punya spesifikasi yang berbeda dengan model yang dijual untuk umum, terutama dari sisi eksterior dan beberapa bagian interiornya. Ini disesuaikan dengan kebutuhan pebisinis, di mana bisa sedikit menurunkan nilai jualnya.

Meski menjadi lebih murah dari versi terendah Avanza, Transmover tidak menanggalkan unsur keselamatan. Beberapa fitur keselamatan masih standar, seperti terdapat dua air bag pada bagian depan, dan sabuk pengaman (tiga titik) untuk setiap penumpangnya.

“Terkait fitur safety tidak berkurang, jadi dari tipe terendah Avanza, masih tetap sama menggunakan dua air bag, dan juga sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang,” ujar Bansar Maduma, Product General Manager CBU & Commercial Toyota Astra Motor (TAM), kepada KompasOtomotif, Rabu (30/11/2016).

Baca juga : Ini Bedanya Transmover dengan Avanza

Hanya saja, lanjut Bansar, untuk fitur Anti-Lock Braking System (ABS) tidak disematkan pada Toyota Transmover. Dirinya berharap, perusahaan taksi bisa menyadari itu, dan mengedukasi pengemudinya untuk tidak memacu kecepatan mobil di atas rata-rata.

“Iya Transmover tanpa ABS, dan karena itu kami harap perusahaan taksi akan sosialisasi ke semua pengemudinya, di mana mewajibkan mereka untuk tidak menggunakan kecepatan yang terlalu linggi. Ada kampanye itu juga, lebih ke arah situ,” ujar Bansar.

Bansar menambahkan, tentunya untuk urusan keselamatan, pihaknya tidak berkompromi. Saat ini Transmover sudah dipesan 300 unit, oleh beberapa taksi konvensional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com