Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Fiesta Terbaru Meluncur, Ada 4 Versi!

Kompas.com - 30/11/2016, 07:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cologne, KompasOtomotifFord meluncurkan Fiesta 2017 untuk pertama kalinya, memanfaatkan ajang Go Further di Cologne, Jerman. CEO Mark Fields dan Presiden Ford Eropa Jim Farley mengenalkannya secara langsung, bukan cuma satu, tapi empat versi sekaligus.

Tampang baru ini bisa disebut sebagai generasi ketujuh, diharap mampu meneruskan model sebelumnya sebagai salah satu mobil tersukses Ford, khususnya di Eropa. Di sana, Fiesta sudah dihadang Citroen C3, bahkan Nissan Micra dan Volkswagen Polo.

Dari sisi desain, ada ubahan siginifikan pada tampang. Lampu utama menciut semakin sipit, kini menggunakan DRL di dalam mika. Gril hampir sama, cuma kisi-kisi udaranya lebih besar. Bemper berubah, makin dinamis dan sporty. Lampu belakang berubah total dengan desain memanjang.

Ford Deretan Ford Fiesta terbaru, terbagi dalam empat tipe degan tampang yang berbeda.
Empat versi ditawarkan dengan muka yang berbeda-beda. Model standar disebut Fiesta Titanium. Lalu bergabung dengannya adalah Fiesta ST yang lebih memperhatikan soal performa, dan Fiesta Vignale yang lebih luks. Terakhir, ada Fiesta Active dengan style crossover (macam Yaris Heykers).

Platform bertahan menggunakan Global B Ford, membuat merek asal Amerika Serikat yang baru cabut dari Indonesia itu sedikit menghemat biaya untuk pengembangan.

Interior
Di dalam, material dibikin lebih halus. Semua tipe sudah dilengkapi atap panoramic (kaca). Sistem hiburan baru, dilengkapi layar sentuh 8 inci yang bisa mengatur banyak hal. Ford mengklaim, dengan adanya layar ini, 20 tombol dihilangkan pada dashboard, sehingga lebih simpel.

Ford Interior Ford Fiesta terbaru.
Sistem hiburan itu sudah mengemban peranti lunak yang disebut SYNC 3, yang mampu memainkan segala jenis musik, terkoneksi dengan ponsel sangat mudah, dan navigasi satelit. Sistem audio premium, menggandeng Bang & Olufsen.

Mesin dan keamanan
Fiesta juga sudah beranjak lebih baik pada sistem keamanan. Ada sistem anti-tabrak yang mendeteksi objek 130 meter di depan mobil. Jika pengemudi tak bereaksi, mobil akan otomatis mengerem demi terhindar dari celaka. Ini hanya satu dari 15 fitur ”asisten pengemudi”, termasuk Active Park Assist, Blind Spot Information, Cross Traffic Alert, sampai Lane Keeping Assist.

Ford Ford Fiesta terbaru tampak belakang.
Buka kap mesin, Ford menanamkan mesin 1.000 cc EcoBoost peminum bensin, dipasangkan dengan transmisi baru 6-percepatan. Ford juga menawarkan mesin diesel TDCi untuk pertama kalinya buat calon pembeli Fiesta, dengan performa, torsi, dan efisiensi.

Ford akan menjual Fiesta terbaru ini pada semester pertama tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com