Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak Toyota Fortuner yang Sesungguhnya

Kompas.com - 29/11/2016, 18:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber rushlane

New Delhi, KompasOtomotif – Segala sesuatu yang berhubungan dengan safety akhir-akhir ini menjadi concern para pemilik mobil. Tak terkecuali saat sebuah Toyota All New Fortuner mengalami kecelakaan hebat di India, belum lama ini.

SUV pesaing Mitsubishi All New Pajero Sport itu tampak remuk redam karena jatuh ke jurang. Namun semua penumpang dilaporkan selamat dan hanya cedera ringan. Berbagai media, khususnya otomotif, langsung menyorot peristiwa itu dari sisi fitur keselamatan sebuah mobil.

Fortuner di India baru saja meluncur, belum genap dua bulan, dengan harga mulai Rp 511 jutaan. Menurut Rushlane, bahkan mobil ini dibangun bak sebuah tank, frase yang mewakili kekuatannya.

Mobil yang berkonfigurasi bangku 7-penumpang itu juga baru saja mengamankan status lima bintang dalam tes tabrak dari Global NCAP. Lalu, tibalah momen di mana tes tabrak sesugguhnya terjadi dalam sebuah kecelakaan.

rushlane Kondisi terakhir Fortuner terbaru setelah terguling ke dasar jurang (kiri). All New Fortuner dalam tes tabrak Global NCAP.
Ceritanya, pengemudi yang melesat terdistorsi dengan adanya truk yang datang dari depan. Mobil pun berusaha menghindari dan akhirnya berguling lalu hilang dari ketinggian. Tujuh kantung udara dilaporkan mengembang dan melindungi semua penumpang.

Tak hanya kantung udara, Toyota juga sukses mengembangkan platforma kuat dari generasi IMV. Bagian atap tampak ringsek, tapi masih kuat menahan benturan. Bagian samping bahkan tak rusak parah meski terguling.

Di India, Fortuner dijual dengan berbagai pilihan, termasuk mesin diesel 2.800 cc dan mesin bensin 2.700 cc. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rushlane
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com