Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Gejala “Body Roll” pada Mobil

Kompas.com - 28/11/2016, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Mobil mengalami body roll atau limbung bisa membuat penumpang merasa kurang aman dan nyaman. Bahkan, jika kondisi ini terjadi pada kecepatan tinggi, kondisi tersebut bisa berpotensi membuat mobil terbalik.

Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), memberikan beberapa langkah yang bisa jadi referensi untuk mengurangi atau menghilangkan body roll pada mobil.

“Pertama, mengganti suspensi mobil lebih keras. Namun, ini tentu akan membuat mobil juga terasa lebih keras, 'gerobak style' istilahnya,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Kamis (24/11/2016). Memang, kestabilan dan kenyamanan kabin memang kadang bertolak belakang.

Iwan melanjutkan, kondisi body roll juga bisa diatasi dengan menambahkan penguat rangka bodi, seperti melakukan pemasangan safety bar, yang ditempatkan pada ruang mesin depan.  

“Cara lainnya dengan sway bar atau anti-roll bar, yang mengikat suspensi kiri dan kanan bagian belakang mobil. Biasanya, pemilik mobil memasang batang besi warna oranye atau merah di kolong belakang mobil,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com