Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Luncurkan Sasis Bus Terbesar di Dunia

Kompas.com - 25/11/2016, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Rio de Janeiro, KompasOtomotif - Volvo resmi luncurkan sasis bus yang diklaim terbesar di dunia, pada pameran FetransRio, di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (24/11/2016). Merek asal Swedia ini cukup dikenal sebagai pemasok bus, untuk sistem transportasi dengan kapasitas penumpang yang tinggi, seperti istilah Bus Rapid Transit (BRT).

Sasis biarticulated baru, yang disebut Gran Artic 300, memiliki panjang 30 meter dan sanggup mengangkut 300 penumpang sekaligus.

"Sekarang kami perkenalkan sasis bus terbesar di dunia. Kendaraan ini akan menyediakan sistem transportasi yang lebih efisien, menawarkan kualitas yang lebih tinggi untuk penumpang. Lebih dari itu, bisa meningkatkan efisiensi biaya untuk operator transportasi,” ujar Fabiano Todeschini, Kepala Volvo Bus Amerika Latin, mengutip Automotive World, Kamis (24/11/2016.

Gran Artic 300 ini dikembangkan di Brazil terutama untuk BRT, yang merupakan sistem transportasi dengan jalur khusus. Bus dapat membawa sampai 30 penumpang lebih dari model sebelumnya.

Pada pameran ini juga, Volvo memperkenalkan sasis baru dengan panjang 22 m, Super Artic 210. Selain kapasitas sebanyak 210 penumpang, model baru ini dilengkapi dengan lima pintu. Kendaraan ini dibangun hanya di atas tiga as roda (axle).

Bus dengan kapasitas penumpang besar ini, bisa mengurangi jumlah kendaraan yang beroperasi di koridor bus, serta mampu mengurangi emisi. Volvo adalah pelopor dalam pengembangan kendaraan pada sistem BRT, dan diakui sebagai pemimpin pasar. Perusahaan ini telah memberikan lebih dari 4.000 bus untuk BRT di Curitiba, Bogotá, Guatemala City, Mexico City, Santiago de Chile dan San Salvador.

"Kami bangga untuk mengatakan bahwa bus terbesar di dunia adalah Volvo, dan itu dikembangkan di Brazil," kata Idam Stival, Sales Engineering Coordinator Volvo Bus Latin. Nampakanya akan menarik jika Indonesia memiliki sistem transportasi dengan bus seperti ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com