Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Pemasok Pelumas Terbesar di Dunia

Kompas.com - 23/11/2016, 16:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Konsultan dan peneliti pemasaran global, Kline & Company, dalam laporan “Industri Pelumas Global: Analisa Pasar dan Kajian 2016” menerangkan, produsen pelumas Shell Lubricants, merupakan pemasok terbesar di dunia pada 2015. Gelar itu jadi ke-10 yang diperoleh Shell Lubricants.

Pada 2015, Shell Lubricants menjual pelumas 4.400 – 4.600 kilo ton atau mewakili 11,6 persen pangsa pasar dunia. Sebesar 30 persen produk itu diserap sektor otomotif, 34 persen sektor industri, dan 30 persen sektor komersial.

Kesuksesan ini kami raih melalui  pendekatan yang terfokus kepada para pelanggan, inovasi produk dan layanan yang terus menerus, kepemimpinan teknologi, investasi merek dan tim yang kuat. Kami juga konsisten berinvestasi dalam meningkatkan dan mengembangkan rantai pasokan kelas dunia, sejalan dengan pola permintaan pasar global,” ujar John Abbott, Shell Downstream Director, dalam siaran resmi, Rabu (23/11/2016).

Shell Lubricants dijelaskan juga memimpin pasar di Filipina dengan penguasaan pasar 30 persen. Sementara itu di Malaysia kinerjanya berbuah hasil 27 persen, Inggris 18 persen, dan Amerika Serikat 12 persen.

Ghulam/Otomania Pabrik pelumas Shell yang berlokasi di Marunda Center, Bekasi, Jawa Barat.
Indonesia

Kesuksesan internasional juga diikuti di Nusantara. Lubricants Oil Blending Plant (LOBP) di Marunda, Bekasi, Jawa Barat, yang mulai beroperasi pada November 2015 sudah berhasil menggandakan produksi.

Saat ini LOBP membuat 99 produk pelumas. Hampir 70 persen dari total produk pelumas Shell di dalam negeri “buatan Indonesia”.

“Hadirnya pabrik pelumas ini juga mendorong kami untuk mengembangkan jangkauan bisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen kami di Indonesia Timur, khususnya di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Ambon dan Papua,” ucap Dian Andyasuri, Shell Lubricants Director – Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com