Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pajero Sport Masih Sulit Tumbangkan Fortuner

Kompas.com - 21/11/2016, 09:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ambisi Mitsubishi menggusur tahta Fortuner di segmen SUV, lewat All New Pajero Sport masih jauh dari harapan. Hingga jelang akhir tahun, andalan Toyota masih melesat dengan penjualan meyakinkan, bahkan hampir selalu dua kali lipat lebih banyak dibanding pesaing sejatinya.

Menengok data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) hingga Oktober 2016, Toyota Fortuner masih konsisten dengan penjualan di atas 2.000 unit, bahkan sempat tembus 3.800-an unit pada Juni lalu. Total 10 bulan pertama sudah mencapai 23.617 unit.

Sementara Mitsubishi Pajero Sport belum bisa mempertahankan pasokan seperti awal tahun yang sempat di atas 3.000-an unit. Model ini bertahan di kisaran 1.000-1.500 an unit, dengan total sampai 10 bulan pertama 15.506 unit.

KompasOtomotif jadi teringat optimisme PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) saat awal peluncuran Mitsubishi All New Pajero Sport, Januari 2016 silam. Mereka optimistis model ini mampu menggusur tahta Fortuner dengan penjualan di kisaran 1.500-an unit.

Baca: Pajero Sport Ditarget Gusur Tahta Toyota Fortuner

Memang, target penjualan KTB untuk Pajero Sport di kisaran 1.000-1.500 an unit relatif tercapai. Namun masalahnya, penjualan Fortuner justru naik dua kali lipat dibandingkan model lama yang lesu di angka 700-1.000-an unit tahun lalu.

Artinya, pasar SUV segmen ini tumbuh drastis. Mitsubishi berhasil menaikkan penjualan Pajero Sport 194 persen dibandingkan tahun lalu, tapi ternyata Toyota juga mampu melambungkan penjualan Fortuner sampai 247 persen.

Mimpi Mitsubishi menjadi leader di segmen ini pun pupus untuk semantara ini. Mereka bisa mencicipi gelar ini hanya selama dua bulan, yakni Februari dan Maret saat pasokan dari Thailand sedang tinggi-tingginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com