Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segmen SUV Masih Dikuasai Honda

Kompas.com - 21/11/2016, 08:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -  Jika Toyota bermain cantik di segmen mobil multiguna (multi pupose vehicle/MPV), tapi untuk sport utility vehicle (SUV) masih dicengkram kuat oleh rival satu negaranya, Honda.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dua jagoan Honda di segmen ini, Honda BR-V dan HR-V 1.5L masih mejeng di posisi teratas. Masing-masing memiliki porsi penguasaan pasar di angka 33,33 persen dan 30,75 persen.

Sejak mulai dipasarkan pada awal tahun ini, Januari 2016, pencapaian Honda BR-V sudah mengagumkan di angka 6.627 unit, dan bisa mempertahankan rata-rata penjualan perbulan sebesar 3.341 unit. Tidak heran jika model ini jadi unggulan Honda di kelas sport utility vehicle.

Sementara HR-V 1.5L, sepanjang 10 bulan ini, rata-rata pencapaian per bulan dari data wholesales Gaikindo berjumlah 3.063 unit.

Ghulam/KompasOtomotif Jumlah penjualan per model LSUV, Januari-Oktober 2016.

Kemudian di posisi ketiga ada Toyota Rush, dengan total Januari-Oktober 2016 berjumlah 20.430 unit. Rush hanya mendapat jatah kue LSUV sebesar 20,38 persen.

KompasOtomotif coba bertanya kepada pihak Toyota akan tumbuhnya segmen ini, mereka masih belum memberikan jawaban, terkait apakah mereka akan menyegarkan segmen SUV-nya pada tahun depan, dan tidak terus bergantung pada Rush dan segmen MPV.

Kemudian Terios, kembaran Rush yang dilabeli merek Daihatsu ada di urutan keempat dengan pencapaian 12.732 unit, atau berkontribusi 12,70 persen. Baru kemudian sisanya ada Suzuki SX-4 (1.334 unit), Chevrolet Trax (1.151 unit), Nissan Juke (272 unit), dan Ford Ecosport (89 unit).

Ghulam/KompasOtomotif Kontribusi masing-masing model LSUV, Januari-Oktober 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com