Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Navara Taklukkan Gurun Sahara

Kompas.com - 20/11/2016, 08:08 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Errachidia, KompasOtomotif – Pikap kabin ganda andalan Nissan, Navara, kembali diuji pada area ekstrim. Kali ini diajak untuk bergumul dengan hamparan pasir di gurun Sahara, Maroko, Afrika Utara, Jumat (18/11/2016), dan dianggap sebagai salah satu medan terberat roda empat.

Di Indonesia sendiri, Nissan Navara telah berhasil melewati berbagai ujian, mulai dari merambah Aceh dengan kawasan Leuser-nya, menanjak di Gunung Tambora, menjelajah Gunung Sibayak, dan 50 gunung lainnya di Tanah Air.

Baca juga : Julukan Baru, Nissan Navara "Sahabat Gunung"

“Mencicipi trek off-road dengan sensasi padang pasir di Gurun Sahara, Maroko, adalah yang paling menantang, karena kontur gunung pasirnya berbeda dengan yang dilewati selama ini. Cuaca yang ekstrim tidak hanya menguji kendaraan tetapi juga manusia yang mengemudikannya,” ujar Hana Maharani, Head of Communication NMI, dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Jumat (18/11/2016).

Istimewa Nissan Navara jelajah Gurun Sahara.

Hana melanjutkan, Navara diklaim mampu menghadapi medan berat Sahara. Ini lantaran perpaduan tenaga mesin yang mumpuni, kecanggihan five-link rear suspension, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan teknologi penunjang kenyamanan dan keamanan lainnya.

Ramon Vila, pembalap berpengalaman Paris-Dakar Rally, yang juga ikut menjajal pikap Nissan ini, merasa puas mengendarai Navara. “Saya sudah mencoba berbagai jenis kendaraan 4x4 di gurun pasir; dari semua kendaraan yang saya coba, performa Navara adalah yang paling mumpuni,” ucap Vila.

Dalam uji kemudi di Gurun Sahara, peserta menggunakan Nissan Navara spesifikasi Eropa, dengan mesin diesel 2.3L dengan versi 160PS single-turbo dan 190PS twin turbo. Perjalanan dimulai dengan melakukan warming lap, kemudian dilanjutkan dengan long lap secara berkelompok, dengan total perjalanan 182 kilometer dan ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com