Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelumas Bardahl Jualan lagi di Indonesia

Kompas.com - 17/11/2016, 15:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pasar otomotif Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Kondisi seperti itu menjadikan berbagai produsen, termasuk industri pendukung lain, khususnya dari luar negeri berinvestasi di Tanah Air.

Salah satunya, pelumas asal Amerika Serikat, Bardahl, memutuskan kembali ke Indonesia. Alasannya, ada permintaan dan juga pasar yang menjanjikan. Sebelummnya, Bardahl sudah ada di Indonesia namun karena berbagai faktor harus meninggalkan dan kini kembali eksis.

"Kami kembali ke Indonesia dengan berbagai produk yang signifikan dan komprehensif yang akan memenuhi permintaan sektor adiktif, pelumas, dan pendingin di Indonesia dalam segmen otomotif, industri, dan alat berat," ujar Marcus Goh Bardahl, Development Manager Asia Pasific di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Syafrian Effendi, Business Consultant Bardahl Indonesia menambahkan, pihaknya mengakui terlambat masuk ke Indonesia. Namun, mulai 2015 menyatakan untuk kembali bersaing dengan produsen pelumas lain.

"Kami percaya ada peluang bagi kami untuk bisa bersaing. Melalui teknologi yang ada, kami berharap bisa mendapat tempat walaupun butuh perjuangan yang panjang," kata Syafrian di tempat sama.

Menurut dia, pelumas, aditif hingga produk lain yang ditawarkan bisa bersaing dengan kompetitor. Bahkan, mengenai harga cukup terjangkau oleh semua kalangan.

"Kita menyediakan produk dari semua segmen, dari mulai bawah hingga atas, bahkan kebutuhan untuk balap juga ada," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com