Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari EICMA, Milan, Italia

Sambut Motor ”Adventure” Ducati Paling Murah

Kompas.com - 13/11/2016, 12:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotifDucati memperkenalkan petualang paling kecil dengan Multistrada 950 di EICMA, Milan, Italia, 8-13 November 2016. Tipe ini membuat seri motor adventure merek asal Italia itu makin lengkap, lebih terjangkau, dan mudah diakses buat hampir semua orang.

CEO Ducati Motor Holding Claudio Domenicali mengatakan bahwa motor ini didesain untuk memberikan performa khas Ducati untuk semua biker tanpa gap. Artinya, petualang dengan status ”pemula” pun seharusnya tidak kagok naik motor ini.

”Multistrada 950 dihadirkan untuk siapa pun yang ingin melakukan touring, dan mungkin menikmati untuk membonceng seseorang, dan orang yang ingin megendarai motor serba bisa pada aktivitas harian,” kata Domenicali dalam World Premiere Ducati di Elfo Puccini Theater, Milan, Italia, (7/11/2016).

Motor ini masih menggunakan desain dan geometri sasis keluarga Multistrada, meski jauh lebih ringan ketimbang Multistrada 1200. Ketinggian jok masih bisa ditoleransi untuk rata-rata tinggi orang Asia, yakni 840 mm.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Multistrada 950 menjadi motor adventure Ducati paling terjangkau.
Pelek depan berukuran 19 inci, didukung suspensi depan dengan travel 170 mm dan lengan ayun dua sisi untuk menjaga level kenyamanan dan kemampuan dasar Multistrada sebagai motor petualang. Terlebih lagi, Ducati membekali tangki bahan bakar 20 liter untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

Mesin

Ducati membekalinya dengan mesin Testatstretta 937 cc yang siap mengeluarkan tenaga hingga 113 tk @9.000 rpm. Torsi tercatat mencapai 96,2 Nm @7.750 rpm. Tenaga dan torsi itu bisa diatur dengan empat mode berkendara, yakni Touring, Sport, Urban, dan Enduro.

Menariknya, Domenicali juga menyebut bahwa tipe ini makin gampang dirawat. Interval perawatan mesin yang biasa tiap 10.000 km kini diklaim sanggup bertahan sampai 15.000 km atau satu tahun. Pemeriksaan ”besar” bisa dilakukan tiap 30.000 km.

Soal peranti keamanan, tipe ini punya ABS dari Bosch tipe 9.1 MP dengan tiga level penyetelan, plus Ducati Traction Control dengan 8 level penyetelan.

Harga

Karena disebut motor petualang Ducati paling mudah dijangkau, harga dipastikan lebih murah. Kendati demikian, Managing Director Ducati Indonesia Dhani M Yahya menyebut, bahwa tipe ini tetap akan berada di level premium dengan banderol di atas Rp 500 jutaan.

Sebagai gambaran, tipe dasar Multistrada 1200 saja sudah mencapai Rp 669 jutaan. Sedangkan tipe 1200 S sudah berada di level Rp 769 juta. Masih ada lagi tipe 809 Enduro dan 889 Pike Peak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com