Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Semburan Tenaga BMW M2 di Sirkuit Sentul

Kompas.com - 10/11/2016, 17:02 WIB
Bogor, KompasOtomotif - BMW membekali M2 dengan mesin 6 silinder segaris, variabel katup (double VANOS), serta turbo ganda. Perpaduan tersebut mampu menghasilkan tenaga 370 tk dan 465 Nm.
 
Daya yang cukup besar tersebut rasanya bisa dimaksimalkan pengetesannya jika dilakukan di sirkuit. Alhasil awak redaksi pun menguji sedan kupe sport ini ke Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/11/2016).
 
 
Pilihan
 
Mode berkendara yang dimiliki M2 sebenarnya sama dengan varian lain yakni comfort, sport dan sport+. Namun karena dipasangkan dengan tenaga yang besar sensasinya terasa berbeda.
 
Saat menuju Sentul, melintasi kondisi lalu lintas yang macet, mode comfort jadi pilihan yang bijak. Minim entakan dan juga laju yang tidak terlalu ekstrem. Suara knalpot yang keluar pun masih toleran meski sedikit nge-bass.
 
Teknologi start/stop pada mesin mampu membantu pengemudi untuk bijak menggunakan bensin, walaupun bisa dinonaktifkan jika merasa terganggu. Tombolnya terdapat di sebelah kiri panel dasbor.
kompas.com - Roderick BMW M2 dibekali mesin 6 silinder segaris dengan turbo ganda yang mampu mengeluarkan tenaga 370 tk
Brutal
 
Begitu sampai sirkuit, tak sabar ingin langsung mencoba di lintasan. Setelah memakai perlengkapan standar sirkuit, jaket dan helm, mobil langsung diarahkan ke trek. Uji coba pertama menggunakan mode sport+.
 
Begitu pedal gas dibejek, teriakan suara yang keluar dari knalpot cukup nyaring. Deruman tersebut seiring dengan transfer tenaga yang tergolong brutal. Bahkan sampai ban belakang kehilangan daya cengkram sehingga sedikit slip.
 
Diklaim, akselerasi 0 - 100 kpj bisa ditempuh 4,3 detik. Namun saat awak redkasi mencoba dengan race logic tertera catatan waktu 4,6 detik. Selisih 0,3 tersebut diindikasi dari perbedaan udara, aspal dan juga bahan bakar.
 
Di lintasan lurus di depan tribun, M2 bisa dipacu hingga 220 kpj, sesaat sebelum lokasi pengereman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com