Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Patenkan Kaca Mobil Berteknologi tinggi

Kompas.com - 04/11/2016, 15:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Virginia, KompasOtomotif - Teknologi kendaraan roda empat terus bergerak maju, merek-merek mobil terus menggelontorkan investasinya, untuk mengembangkan teknologi agar tidak ketinggalan. Honda jadi salah satu merek yang concern akan kemajuan ini.

Kali ini, Honda merancang kaca canggih yang bisa diatur intensitas gelap terangnya, jadi bisa disesuaikan berapa banyak cahaya matahari yang ingin dimasukkan ke dalam kabin mobil, seperti dikutip Autoblog, Jumat (4/11/2016). Honda sudah mengajukan desain paten untuk teknologi ini di kantor paten Amerika.

Teknologi ini tentu membuat kaca mobil tidak perlu lagi menggunakan tinted glass (kaca rayben/berwarna hitam) permanen atau kaca film biasa. Bisa dibayangkan kalau gelap terang kaca mobil sudah tidak perlu lagi menjadi kekhawatiran, karena bisa desetel.

Ide menarik lainnya yaitu terkait dengan kontrol dan penyesuain dengan cara disentuh, pada bagian kaca. Gambar paten menunjukkan kalau pengemudi bisa memutuskaan seberapa tebal shading (kegelapan kaca), dengan cara sederhanya, atau hanya menggeser ke atas atau ke bawah, untuk menyesuaikan.

Teknologi ini akan sangat berguna bagi para penumpang, karena kontrolnya ada di setiap sisi kaca samping kanan dan kiri. Kelemahannya ini adalah, kotoran atau bekas sidik jari menempel di kaca, terutama kaca depan, yang akan bisa memberikan efek tidak baik.

Namun, nampaknya manfaat teknologi lebih besar dibanding kelemahannya tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com