Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota 86 Cangkok "Jantung" Ferrari V8

Kompas.com - 03/11/2016, 13:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Las Vegas, KompasOtomotif – Masih ingat proyek implan jantung pacu mesin Ferrari V8 4.5L di tubuh Toyota 86? Operasinya sudah selesai, kini karya drifter Amerika Serikat (AS) Ryan Tuerck itu jadi salah satu yang paling memukau di ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) di Las Vegas.

Baca : Implan Jantung Pacu Ferrari V8 di Tubuh Toyota 86

Namanya, Toyota GT4586. Jangan bingung karena nama itu gabungan Toyota GT 86 dan donator mesin V8, Ferrari 458 Italia.

Konsepnya mobil drift, modifikasi GT4586 dimulai dari satu unit 86 yang kemudian dilucuti hampir semua komponen besarnya. Kini wujudnya jadi predator pamungkas yang bisa berjalan miring sambil menghabiskan karet ban.

Motor1.com Mesin V8 4.5L milik Ferrari 458 Italia disematkan ke ruang mesin Toyota 86.
Terlihat butuh usaha keras dan pengerjaan serius buat mencangkok mesin V8 yang berukuran besar di ruang mesin kecil 86. Header dibuat custom, arahnya bukan ke belakang tetapi ke depan. Di ujungnya, knalpot menyembul di bagian kanan-kiri bemper depan. Makin dramatis karena bisa mengeluarkan api.

Geometri suspensi beralih buat melayani maniak drift. Sejak tenaga maksimalnya berubah dari sekitar 200 tk menjadi 570 tk, coilover dibuat khusus oleh BC Racing DR hanya untuk memenuhi spesifikasi Tuerck.

Motor1.com Toyota GT4586, mobil sport GT 86 dengan implan mesin V8 4.5L milik Ferrari 458 Italia.
Kaki-kaki kuat didukung pelek 18 inci yang dibungkus ban Hankook RS3 ukuran 245/40R di depan dan 265/40R di belakang. Pengereman dimaksimalkan Brembo edisi balap dengan enam piston yang dipakai di Nissan GT-R.

Di kabin, jauh dari kata nyaman milik 86. Perangkat rangka penguat ada di semua sisi untuk melindungi drifter duduk yang di jok balap sambil menarik tuas rem hidrolik biar bodi bisa menari indah di aspal.

Proyek ini hasil kerja sama Tuerck dengan Shawn Hudspeth dari rumah modifikasi Huddy Motorsports

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com