Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy X-Class Beda Jauh dari Nissan Navara

Kompas.com - 03/11/2016, 09:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  Setelah ketahuan berencana merancang pikap dan berulang kali foto colongannya muncul, Mercedes akhirnya memperkenalkan konsep X-Class di Stockholm, Swedia, pada pekan lalu. Model pikap kabin ganda ini beda jauh dari Nissan Navara yang digunakan sebagai basisnya.

X-Class merupakan buah dari kerja sama induk Mercedes, Daimler, dengan aliansi Renault-Nissan. X-Class dirancang memakai platform Nissan Navara, namun Mercedes tidak memilih rebadge tetapi membangun sendiri desain keseluruhan.

Mercedes-Benz Mercedes-Benz X-Class
Mungkin hanya platform yang sama. Bodi, mesin, teknologi, fitur, dan material, berbeda dari Navara. Mesin misalnya, varian tertinggi X-Class dijelaskan memakai V6 diesel. Selain itu X-Class menggunakan sistem all-wheel drive permanen 4MATIC.

Yudi Lesmana, Departement Manager Product Management Mercedes-Benz Indonesia (MBI), membantu menerangkan, konsep X-Class baru di dunia Mercedes. Dikatakan belum ada merek premium yang membawa model seperti itu.

Mercedes-Benz Mercedes-Benz X-Class.
“Kami tidak melihat dari sisi apakah itu Navara atau tidak, kami membawanya sebagai merek Mercedes dengan kualitas Mercedes dan teknologinya pun Mercedes. Jadi mungkin keduanya ada sesuatu yang sama, tetapi kalau dilihat desainnya itu kan berbeda,” jelas Yudi, di Jakarta, Rabu (3/11/2016).

Nantinya hanya orang yang jeli otomotif tahu kalau X-Class berbasis Navara, lanjut Yudi. “Buat kebanyakan konsumen akan melihatnya sebagai sesuatu yang baru dari Mercedes,” ucap Yudi.

“Ini model global, Indonesia sangat berpeluang kalau memang mereka akhirnya masuk jalur produksi untuk dijual secara massal. Itu akan terbuka juga untuk pasar Indonesia,” kata Yudi. 

Febri Ardani Nissan Navara terbaru yang ditawarkan di Indonesia merupakan varian tertinggi versi Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com