Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spesifikasi dan Keunggulan Yamaha Aerox 155

Kompas.com - 02/11/2016, 19:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifYamaha Aerox 155 benar-benar bikin penasaran sejak pertama kali muncul via bocoran foto dan teaser dari Yamaha Vietnam. Tidak salah memang, karena motor ini harus berdampingan dengan NMAX 150 yang menjadi booming dan terus meminta pasokan lebih.

Memiliki karakteristik body yang gagah dan aerodinamis, kesan sporty semakin dipertegas dengan motif khas ”X” di bagian samping. Kesan sporty ditunjang lampu depan dan belakang LED yang lebih terang dan fokus.

Speedometer full digital dengan layar LCD 5,8 inci, memberikan informasi dengan Multi Information Display (MID). Layar ini mampu menampilkan VVA indicator, sisa bahan bakar, indikator aki, odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, jam digital, serta rpm meter.

Yamaha melempar Aerox 155 dengan tiga tipe yaitu, standar, S-Version, dan R-Version. Ketiganya didukung mesin 155 cc generasi baru dengan Variable Valve Actuation (VVA), sama seperti NMAX. VVA diklaim membuat performa mesin lebih bertenaga. Semua tipe juga ditanamkan teknologi Blue Core yang bikin irit bahan bakar.

Baca: Yamaha Aerox 155 Meluncur di Jakarta

Tipe S-Version ditawarkan dalam warna hitam, kuning, dan merah dof. Sementara R-Version hanya satu warna, Racing Blue. Lalu paling standar diberi pilihan warna biru dof dan putih.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Banyak fitur baru disematkan, bahkan lebih baik dari NMAX.
Fitur Menarik
Menariknya, ada fitur Stop & Start System (SSS), berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Ada juga teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Smart Key System disematkan, yang berarti motor bisa dihidupkan tanpa anak kunci (keyless). Fitur ini didukung dengan immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir. Tak ketinggalan, sistem pengeraman ABS (Anti-lock Brake System) yang membantu pengendara memaksimalkan kontrol pengereman.

Khusus R Version dibekali cakram depan ”Wave-Type Disc Brake” ukuran 230 mm, ditambah suspensi belakang sub-tanks type warna emas. Klaim Yamaha, tipe ini makinstabil saat menikung.

Kurang? Ada Electric Power Socket yangbisa dipakai mengisi ulang baterai gadget sambil berkendara. Kapasitas bagasi 25 liter, mampu menyimpan satu helm full-face ukuran XL, jas hujan, dan keperluan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com