Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolektor Beli Mobil “James Bond Pakai Uang Elektronik”

Kompas.com - 02/11/2016, 08:22 WIB


Paris, KompasOtomotif
– Aktivitas e-commerce alias transaksi online sudah tak terpisahkan dari kehidupan warga dunia. Bicara hal ini, ada yang menarik ketika seorang kolektor membeli Aston Martin DB5 klasik lansiran 1964 yang identik dengan tokoh fiski “James Bond” hanya dengan menekan layar pada gawai andalan.

Dengan menekan layar, maka transaksi sudah dilakukan, aktivitas jual beli ini melakukan pembayaran dengan uang elektronik (e-money). Dalam kasus ini, si kolektor yang tidak ingin indentitasnya diketahui, menggunakan Apple Pay, sesuai dengan gawai yang dia gunakan.

Biasanya, Apple Pay lazim digunakan kalangan urban untuk membayar beberapa kebutuhan dasar, misalnya kebutuhan dapur, ponsel, baju, dan sebagainnya. Mungkin, baru kali ini yang menggunakan sistem pembayaran elektronik itu untuk membeli mobil “James Bond”seharga 825.000 euro atau Rp 11,8 miliar.

Menurut rumah lelang Coys of Kensinton, transaksi ini merupakan pembelian dengan nilai terbesar yang pernah dilakukan via aplikasi. Selain itu juga mencatatkan rekor baru sebagai pembelian mobil klasik pertama yang dilakukan via aplikasi sosial media, Vero.

“Kebanggaan pemilik baru ketika melihat DB5 di Paris Motor Show, dia sangat senang melihat mobil impiannya dan tidak mau kehilangan. Dia mau cepat-cepat ikut menawar, jadi dalam beberapa hari kemudian menekan tombol ‘buy now’ pada (aplikasi) Vero untuk memastikan pembelian, mengalahkan dua kolektor lain kecewa,” kata Chris Routledge, CEO Coys dilansir Carscoop, Selasa (1/11/2016).

Mobil sport klasik ini memang istimewa, berkelir silver dengan status restorasi penuh, setelah tersimpan selama 20 tahun di gudang. Kelebihan lain yang membuat mobil klasik ini mahal, adalah kondisinya yang prima, dengan odometer belum tembus 96.500 km. Memang tidak sedikit, tapi bicara mobil yang usianya sudah 52 tahun, jumlah ini masih sangat layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com