Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Karakter Sirkuit Jakabaring untuk MotoGP

Kompas.com - 01/11/2016, 12:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Sepang, KompasOtomotif - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin optimistis untuk bisa membangun Sirkuit di Jakabaring, Palembang.  Ditemui di Sepang, Malaysia, Alex bersama dengan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa, tengah menganalisis sirkuit kebanggaan masyarakat negeri jiran tersebut.

"Kami bawa full team, dan akan mempelajari apa yang ada di Sepang. Jika bagus, kami akan aplikasikan, sementara jika itu kekurangan maka akan kami perbaiki," ujar Alex, Minggu (31/10/2016).

Karakter Sirkuit

Sadikin Aksa menjelaskan, kalau karakter sirkuit yang aka dibangun adalah high speed. Di mana rata-rata kecepatan kendaraan yang akan melaju di angka 171 kmj.

"Setelah desain jadi dan dimasukkan ke hitung-hitungan algoritma Tilke (pembuat desain sirkuit Jakabaring), kecepatannya mencapai 171 kmj, bahkan bisa lebih cepat lagi dari itu. Sementara untuk top speed-nya di angka 305 kmj," ujar Sadikin.

Sadikin melanjutkan, kalau ini nantinya bakal jadi salah satu dari tiga sirkuit berkarakter "high speed" di dunia. Panjang trek sirkuit Palembang ini 4.314 meter, dengan 14  tikungan, lalu trek lurus terpanjang 750 meter, serta trek start/finish sepanjang 540 meter.

"Itu bisa lebih cepat lagi kalau dihitung realisasi nantinya. Itu karena motor semakin hari akan makin berkembang. Ini lebih kencang dari Sepang, dan bakal jadi top three tecepat di dunia, di mana saat ini sirkuit Argentina yang tercepat," ujar Sadikin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com