Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Inden Lama di Kamus Mobil Honda

Kompas.com - 01/11/2016, 11:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM), pemegang merek dan distributor tunggal untuk mobil-mobil Honda di Indonesia, punya prinsip mendasar yang mulai diterapkan beberapa tahun belakangan. Mereka menyatakan anti inden lama, menjamin konsumen dapat mobilnya lebih cepat.

Biasanya, produk baru dibarengi dengan inden mengular. Produksi yang kejar-kejaran dengan pemesanan setelah launching memicu terjadinya penumpukan pemesanan. Alhasil, masih banyak pengalaman konsumen yang harus inden di atas tiga bulan.

”Nggak model inden lama sampai 5 sampai 10 bulan. Kenyataan di lapangan, tidak ada konsumen yang mau nunggu sampai sembilan bulan. Anak sudah lahir mobil belum ada,” kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, (29/10/2016).

Jonfis menegaskan bahwa Honda belajar dari pengalaman lama. Indenan mengular yang lebih dari tiga bulan, terutama setelah mobil diluncurkan, berusaha dikikis habis. Diyakini, konsumen akan ”lari” mencari mobil lain yang lebih cepat didapat.

Kendati demikian, Jonfis juga mengatakan bahwa tidak ada aturan atau Standard Operation Procedure (SOP) khusus soal inden. Honda terus memperbaiki dan mengantisipasi hal ini (terutama saat mobil baru dirilis) agar inden lebih cepat ditutup.

Misalnya, Honda HR-V Mugen yang diluncurkan medio Agustus 2016, sudah mulai didistribusikan HPM pada medio Oktober, atau hanya dua bulan setelah peluncuran.

”Sistem kami bikin lebih efisien, mulai dari jalur pemesanan konsumen ke sales, supervisor, diler, main diler, dan HPM. Efisiensi berasal dari pemakaian komputer dan sebagainya,” ucap Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com