Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikers Brotherhood MC Menuju Panggung Internasional

Kompas.com - 28/10/2016, 12:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia menyiapkan agenda besar untuk merayakan ulang tahun ke-28. Klub sepeda motor yang banyak dihuni motor klasik ini siap menjadi tuan rumah Asia Africa Bikers Conference (AABC) di Bandung, 29-30 Oktober 2016.

Tujuh negara akan mengambil bagian di ajang ini, termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, Filpina, Brunei Darussalam, Jepang, dan Afrika Selatan.

Budi Dalton, El Presidente BBMC Indonesia mengatakan bahwa AABC diselenggarakan di Indonesia karena secara letak geografis, Asia dan Afrika memiliki dasar budaya yang sama termasuk soal sejarah antara lain korban penjajahan.

”Akibat penjajahan itu, Asia dan Afrika tidak hanya kehilangan kemerdekaan politik dan menderita dalam hal sosial ekonomi, tetapi juga menggantungnya nilai-nilai dan akar kebudayaannya. Kini, persoalan yang perlu diatasi bersama, masalah neo-kolonialisme dalam hal pembangunan, ekonomi, sosial, pendidikan, dan kebudayaan,” ujar Budi Dalton.

Budi juga menambahkan bahwa ini bisa menjadi momentum penting yang diinisiasi BBMC menyusul dengan dibukanya era perdagangan bebas, antara lain Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang memungkinkan dampak negatif masuk mengusik sendi-sendi kearifan lokal.

Tidak sekadar berwawasan global, ulang tahun ke-28 BBMC juga memiliki platform kuat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia baik anggota maupun masyarakat sekitar. Melalui program Brotherhood for Education, BBMC ikut membina para santri melalui Pondok Pesantren Yayasan Kharisma Darussalam di Cikampek.

Sementara di internal BBMC, Budi Dalton mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengaktifkan kembali semua potensi yang ada dalam menunjang aktivitas para member yang memiliki keahlian khusus.

Beberapa hal yang akan diangkat BBMC adalah Bikers Brotherhood Racing Team untuk menyalurkan potensi di bidang balap motor khususnya classic bike race melihat prestasi yang telah diraih di beberapa kejuaraan.

Pesta ulang tahun yang akan dipusatkan di Gudang PT KAI Jalan Sukabumi, Bandung, itu akan digelar beberapa acara di antaranya Kustom Kulture Rare Vintage Bikes beruapa kontes motor klasik, BBQ Party, dan gathering antarklub se-Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com