Merek Klasik BSA Dibeli India - Kompas.com

Merek Klasik BSA Dibeli India

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 26/10/2016, 17:51 WIB
Asphaltandrubber Logo BSA (Birmingham Small Arms Company Limited)

Jakarta, KompasOtomotif – Merek klasik yang dikenal digunakan sebagai becak motor (Bentor) di Sumatera Utara, BSA, kini punya pemilik baru yaitu Classic Legends Private Limited (CLPL), anak perusahaan manufaktur otomotif asal India, Mahindra & Mahindra Limited.

CLPL membeli 100 persen saham BSA (Birmingham Small Arms Company Limited) seharga 3,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 54 miliar. Pembelian itu diremikan pada 21 Oktober 2016.

Diberitakan motofire.com, pembelian ini memberikan kekuasaan pada CLPL memegang semua lisensi BSA untuk distribusi dan pemasaran ke seluruh dunia. Saat ini BSA hanya beroperasi di Inggris, Jepang, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Strategi ini jadi contoh ekspansi masif produsen asal India. Mahindra sudah membeli 51 persen saham Peugeot Motorcycles pada tahun lalu dan pada 2008 membeli 80 persen kepemilikan produsen komponen Kinetic.

BSA adalah merek asal Birmingham, Inggris, yang awalnya memproduksi perlengkapan perang. Selain merancang motor BSA juga pernah membuat mobil dan bus. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X