Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Penting untuk Pemilik Mobil Diesel

Kompas.com - 26/10/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Dukungan Pertamina, terkait penyediaan bahan bakar solar yang diupayakan terus membaik, membuat pabrikan mulai menelurkan beberapa model mobil bermesin diesel. Walaupun demikian, variannya masih belum banyak, khususnya untuk mobil penumpang.

Bagi yang saat ini baru memiliki mobil diesel dan masih awam mengenai jenis mesin ini, Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), memberikan beberapa pesan agar kondisi mobil tetap prima dan terjaga kualitasnya.

Iwan mengatakan, pertama, secara umum pastinya lakukan perawatan mobil secara berkala. Khususnya untuk mesin mobil diesel, akan sangat baik jika penggantian oli tidak dilakukan terlambat.

“Seperti mobil pada umumnya, lakukan perawatan secara berkala. Lalu jangan sampai telat unutk mengganti oli karena diesel mesinnya lebih panas dibanding bensin, jadi kualitas oli harus benar-benar tetap terjaga,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Senin (24/10/2016).

Kemudian, kata Iwan, gunakanlah bahan bakar diesel (solar seperti yang kerap disebut di Indonesia) yang berkualitas. Selain itu, solar berkualitas juga bisa memaksimalkan tenaga serta membuat lebih bersih pada bagian dalam mesin dan saluran gas buang.

Lalu yang terakhir, sesekali ajak mobil untuk berkendara jarak jauh dengan menggunakan RPM (rasio per menit) yang di atas rata-rata di dalam kota.

“Penggunaan RPM tinggi cukup sehat untuk injektor dan juga ruang bakar mesin. Namun, bukan berarti menyarankan untuk kebut-kebutan, atau di RPM red line. Mungkin di RPM 3.000-an cukup, dengan jarak yang tidak terlalu dekat,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com