Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Northampton, Inggris

Alami Insiden di Tikungan, Peserta GTA Nissan Indonesia Start Keempat di Final

Kompas.com - 25/10/2016, 18:00 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Northampton, KompasOtomotif - Sesi final GT Academy Nissan yang digelar di Northampton, Inggris, 19 - 26 Oktober 2016, sudah memasuki babak - babak terakhir. Peserta dari Indonesia, Australia, Filiphina, Thailand, Meksiko dan Afrika Utara, sudah menjalani sesi eliminasi dan menyisakan 3 wakil dari tiap negara.
 
Senin (24/10/2016) sore waktu setempat, para peserta diuji keahlian balap menggunakan mobil standar bertampilan "trondol" di Sirkuit Northampton International Raceway, Northampton, Inggris. Ketiga peserta akan bergantian mengemudikan Nissan Micra (March) mengitari sirkuit oval.
 
Pada sesi kualifikasi pengambilan waktu terbaik, M Pandu WIcaksono, Catra Felder, Raditya Indra, sebagai wakil dari Indonesia, berhasil mencatatkan waktu terbaik kedua di belakang peserta Australia.
 
Insiden
 
Selepas start, Pandu berhasil menempel kontingen Australia hingga lap kedua. Namun perlawanan malah terjadi dari Meksiko mulai lap kedua. Jelang tikungan pertama lap ketiga, Pandu melintir usai disundul peserta Meksiko. Alhasil posisi melorot ke paling buncit.
 
Semangat berkompetisi yang menyala tak menyurutkan motivasi Pandu. Menuju lap keempat ia sudah bisa menyusul peserta di depannya.
 
Catra sebagai pengemudi kedua menggantikan Pandu saat proses pit stop. Catra pun memperlihatkan gaya menyetir yang cukup agresif. Insiden kembali terjadi saat dirinya hendak menyusul peserta Afrika Utara yang berada di posisi ketiga saat itu.
 
Pecah ban
 
Saat masuk tikungan pertama, peserta Afrika Utara sedikit melebar dan kesempatan tersebut dimanfaatkan Catra untuk menyusul. Sayang, proses tersebut tidak mulus sehingga terjadi benturan yang cukup keras. Peserta dari Afrika terlalu menekuk untuk memaksa masuk. 
 
Meski Catra berhasil menyusul namun ban kiri depan kempis usai tabrakan. Kerusakan makin parah karena saat melambat, ia ditabrak oleh peserta Afrika Utara hingga balik arah. "Saya sudah melambat karena ban pecah dan tidak menyangka bakal ditabrak dari belakang hingga putar arah. Banyak waktu terbuang sebelum akhirnya berhasil masuk pit," kata Catra, sebelum memulai sesi, Selasa (25/10/2016).
 
Raditya sebagai peserta terakhir menggantikan Catra dan kembali ke trek hingga finish. Raditya berupaya keras meperbaiki wktuu dana mengejar ketertinggalan. Bahkan dirinya sempat menyusul peserta lain.
 
Hingga akhir lomba, tim Indonesia berhasil finish di posisi keempat. Kendati demikian raihan waktu terbaik saat balap bisa bercokol di posisi kedua di belakang Australia terpaut 0,3 detik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com