Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Istilah "Jatuh Bego"?

Kompas.com - 25/10/2016, 12:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ada ungkapan yang dikenali bikers, terutama pengguna sepeda motor sport, yaitu “jatuh bego”. Istilah itu biasanya dipakai menandai ketika bikers tidak cakap mengendalikan motor saat kecepatan rendah.

Motor sport cenderung lebih mudah dikendalikan saat dikendarai, namun sewaktu pelan, misalnya memutar balik, jadi tantangan tersendiri. Jika tidak dilakukan menggunakan teknik yang benar, bisa saja “jatuh bego”.

Kesalahan utamanya yaitu kebiasaan, menggunakan rem depan dan menurunkan kaki kanan. Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor, menjelaskan, dalam ajaran safety riding setiap motor berhenti kaki yang wajib turun hanya sebelah kiri. Gunanya agar kaki kanan masih bisa mengoperasikan rem belakang.

Kebanyakan model sport, apalagi moge, didesain lebih berat di depan jadi tidak dianjurkan dibuat berhenti memakai rem depan saat putar balik atau sekadar menggeser. Bila kesalahan itu dilakukan maka bodi motor bakal terbawa ke depan hingga terlalu berat untuk ditahan.

Teknik yang benar memakai rem belakang karena fungsinya menyetabilkan bodi motor.

“Sebetulnya itu istilah anak-anak motor sport. “Jatuh bego’ pasti saat kondisi pelan, kebiasaan menggunakan rem depan, itu dilakukan orang-orang tangan kanannya biasa stand by di rem depan,” jelas Michael, Selasa (25/10/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com