Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Jepang Jadi Negara Teraman soal Lalu Lintas

Kompas.com - 24/10/2016, 18:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Suzuka, KompasOtomotif – Jepang, kiblat otomotif dunia sangat peduli soal keselamatan berkendara. Mereka menargetkan jumlah kematian yang berhubungan dengan lalu lintas bisa semakin berkurang drastis pada 2020.

Menurut Yoichi Harada, General Manager Driving Safety Promotion Center Honda Motor Co., Ltd, pada era 1970 – 1980 jumlah fatalitas lalu lintas di seluruh Jepang pernah terhitung sekitar 10.000 per tahun. Seiring perbaikan yang didukung banyak pihak, Jepang sudah berhasil menguranginya hingga pada 2015 menjadi 4.171 dan pada 2016 sejumlah 4.130.

“Target kepolisian menginginkan lalu lintas Jepang teraman di dunia, diharapkan hanya 2.500 orang meninggal pada 2020,” ucap Harada san di Suzuka, Jepang, Kamis (20/10/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Lalu Lintas di Suzuka, Jepang
Target itu, lanjut Harada, bukan berarti mudah dilakukan. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir terasa jumlah fatalitas di lalu lintas Jepang sudah berada di level paling rendah.

“Rasionya berkurang setiap tahun tetapi berjalan sangat lambat,” kata Harada.

Sebagai korporasi, Harada mengatakan Honda bakal tetap mempromosikan safety driving/riding. Salah satu bentuknya yaitu adu skill para instruktur keselamatan berkendara, Safety Japan Instructors Competition yang hingga tahun ini sudah digelar 17 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com