Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Seleksi Pinangan Komunitas Calya dan Sienta

Kompas.com - 22/10/2016, 14:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Populasi MPV Toyota Calya dan Sienta yang semakin banyak memicu tumbuhnya berbagai komunitas baru. PT Toyota Astra Motor (TAM) pun mulai menyeleksi pinangan berbagai club itu untuk bergabung di bawah payung Toyota Owner Club (TOC).

Saat ini, TAM sudah membawahi 16 komunitas yang tergabung dalam TOC. Mereka adalah Altis Indonesia Community (ALTIC), Avanza Club (AXIC), Great Corolla Club (GCC), Innova Communty (IC), Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER), Indonesia Kijang Community (IKC), Indonesian Starlet Club (ISC), sampai Toyota Agya Club (TAC).

Lalu ada juga Rush Club (TERUCI), Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI), Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Toyota Soluna Community (TSC), Toyota Soluna Vios Club (TSVC), Toyota Vios Club Indonesia (TVCI), Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), dan terakhir Veloz Community (Velozity).

”Memang sudah banyak yang mendirikan klub baru dari dua produk baru kami, yakni Calya dan Sienta. Namun kami masih akan menyeleksi dengan kriteria tertentu untuk bergabung dalam payung TOC. Seperti memilih calon pengantin,” ujar Indra Lubis, Head of Community Development TAM, (22/10/2016), pada Jamboree Toyota di Kasablanka Hall, Jakarta.

Sejatinya, lanjut Indra, TAM ingin merangkul semua komunitas yang terbentuk. Namun ada berbagai keterbatasan yang membuat tak semua klub menjadi satu dengan payung TOC.

Lebih lanjut, Henry Tanoto, Vice Presiden Director TAM pada kesempatan yang sama, semua komunitas buat TAM sangat penting, karena menjadi corong produk kepada masayarakat, juga sangat penting untuk memberikan masukan terhadap pengembangan produk.

”Jika memang ada tambahan komunitas lagi, tentu kami berusaha merangkul dan memfasilitasi, asal dengan tujuan yang baik. Nanti antar komunitas (baik yang masuk TOC atau tidaak), bisa berkoordinasi dan berkomunikasi,” kata Henry.

Dalam satu tahun terakhir, TOC mempunyai anggota lebih dari 10.000 orang, dan akan terus bertambah seiring dengan makin banyaknya produk Toyota ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com