Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Juta Rupiah Saja Sudah Bawa Toyota

Kompas.com - 21/10/2016, 16:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Akhir-akhir ini, banyak tawaran promo dari tenaga penjual yang tersebar dari berbagai diler Toyota. Hampir semua memberikan iming-iming pembelian mobil dengan uang muka (down payment-DP) supermurah, cuma belasan juta rupiah.

Tawaran itu bergerilya ke pesan singkat (SMS) yang dikirimkan secara acak ke nomor-nomor pengguna yang aktif. Kebanyakan memberik batasan waktu, yakni sampai Oktober 2016 selesai. Bonus pun digelontor, tergantung masing-masing sales dan diler.

Bonus bisa berupa kaca film, karpet dasar, talang air, sampai hadiah langsung seperti modem, atau peranti elektronik lainnya. Tentu saja, semua bonus itu juga berbeda tiap model mobil yang akan dibeli.

KompasOtomotif merangkum data dari beberapa pesan singkat dan promo penjualan di internet, rata-rata para tenaga penjual memberi penawaran DP Rp 18-19 jutaan untuk memboyong Calya. Lalu, Rp 14-15 jutaan untuk Avanza.

Sementara itu, DP Rp 12 juta juga diberikan untuk Agya, Rp 16-18 jutaan untuk Rush, hingga Rp 15 jutaan untuk Yaris. Angka yang lebih besar dipatok untuk Sienta, yakni berkisar Rp 19 jutaan sampai Rp 25 jutaan.

”Kami usahakan barang secepatnya kalau memang serius. Bonus-bonus lain dan diskon tambahan masih bisa kami tambahkan lagi,” kata salah satu tenaga penjual Toyota kepada KompasOtomotif, (21/10/2016).

Tentu saja, DP murah bukan berarti segalanya menjadi ringan. Konsekuensi yang harus dihadapi konsumen adalah besarnya cicilan yang harus ditanggung per bulan. Calya misalnya, dengan DP Rp 18-19 jutaan, cicilan masih di atas Rp 3,2 jutaan, bahkan bisa tembus Rp 4 jutaan bergantung jangka waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com