Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Mulai Gelontorkan Subsidi untuk Motor Listrik

Kompas.com - 21/10/2016, 16:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

London, KompasOtomotif — Asosiasi Industri Sepeda Motor Inggris (MCIA) dengan bangga mengumumkan bahwa publik bisa segera menikmati subsidi untuk motor dan skuter listrik, keuntungan yang selama ini hanya diterima konsumen mobil listrik.

Harga setiap motor bakal dikurangi 1.500 poundsterling (setara Rp 24 jutaan) atau 20 persen dari total biaya pembelian, dilihat dari mana yang jumlahnya lebih rendah.

Lebih spesifik, keuntungan itu akan diberikan untuk sepeda motor dan skuter listrik yang terdaftar sesuai kriteria yang ditetapkan, antara lain memiliki garansi baterai sampai lima tahun, juga mempunyai daya tempuh yang memadai.

MCIA sudah terlibat negosiasi dengan OLEV, lembaga pemerintah yang mendorong kendaraan beremisi rendah dalam tiga tahun terakhir. Sebenarnya pengumuman adanya subsidi itu sudah dilakukan pemerintah pada Maret 2015, tetapi sampai sekarang belum ada konfirmasi detail.

Sebentar lagi, OLEV akan menentukan merek atau importir yang akan mendapat keuntungan ini, termasuk tipe-tipe apa saja yang dapat subsidi. Konsumen bisa melihat merek dan tipe motor yang mendapat subsidi itu dalam website yang akan tayang minggu depan.

Pengumuman ini menjadi bagian dari subsidi total pemerintah sebesar 35 juta poundsterling (Rp 558 miliar) untuk menaikkan populasi kendaraan beremisi rendah di Inggris.

Steve Kenward, CEO MCIA, mengatakan bahwa langkah positif ini akan sangat membantu masyarakat untuk lebih mudah memiliki sepeda motor dan skuter listrik.

”Ini membuka kesempatan untuk orang yang belum mampu dan benar-benar ingin membeli kendaraan listrik. Ini karena biasanya, orang punya kendaraan listrik hanya karena gaya hidup,” kata Kenward.

Dia juga menambahkan bahwa motor atau skuter listrik punya peran untuk mengurangi polusi udara. Biaya perawatan dan pemakaiannya pasti lebih murah dibandingkan mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com