Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bidik Pasar Motor Listrik lewat MRT

Kompas.com - 20/10/2016, 09:22 WIB


Jakarta, KompasOtomotif –
PT Astra Honda Motor (AHM) berniat untuk memasarkan sepeda motor listrik di Indonesia dalam waktu dekat. Proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) yang masih dalam proses di Ibu Kota menjadi salah satu potensi terciptanya pasar motor listrik di Indonesia.

“Sangat mungkin, jika MRT jadi, motor listrik bakal dijadikan transportasi komuter oleh para penggunanya nanti,” kata Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM kepada KompasOtomotif, Rabu (19/10/2016).

Margono mencontohkan dengan lahirnya aplikasi ojek online yang menjamur dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Menurutnya, layanan ojek online bisa berhasil karena ada kebutuhan dari masyarakat yang butuh kendaraan penghubung dari pusat transportasi massal, terutama stasiun kereta.

Dengan beroperasinya MRT di Jakarta, maka potensi pasar motor listrik akan tercipta. Masyarakat yang membutuhkan kendaraan dari rumah menuju terminal MRT terdekat bisa memanfaatkan motor listrik. Di seputar area terminal MRT, kata Margono, juga bisa disiapkan lokasi-lokasi untuk mengisian ulang baterai motor listrik nantinya.

“Semuanya kita kaji, untuk itu pengujian perilaku berkendara motor listrik dilakukan dulu. Hasil penelitiannya nanti akan mengarahkan kita mengambil keputusan,” ucap Margono.

Karakterististik sepeda motor listrik yang lebih sederhana, hemat bahan bakar, dan bebas polusi, dianggap ideal bagi sebagian pengguna transportasi massal di kota besar yang sudah sadar akan kesehatan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com