Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Biker Jangan Lupakan Langkah Ini

Kompas.com - 18/10/2016, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomtif – Musim penghujan maupun kemarau (panas) semakin tak menentu datangnya, maka dari itu perlu lebih waspada. Khusus pesepeda motor, disiram air hujan kala berkendara, bukan hal yang menyenangkan, karena otomatis meningkatkan risiko celaka di jalan.

Meski begitu, waspada perlu ditingkatkan, agar tetap aman dan selamat di tengah kondisi tersebut. Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM) menyampaikan beberapa pesan, ketika hujan turun di tengah perjalanan.

Pertama, kata Hendrik, sebaiknya berhentikan kendaraan di tempat meneduh terdekat. “Ini langkah yang seharusnya dilakukan. Namun pastikan lokasi berteduh aman dan tidak mengganggu kondisi lalu lintas, seperti di bawah jembatan atau lokasi lainnya,” ujar Hendrik, Kamis (13/10/2016).

Lalu yang kedua, jika tidak berkenan berteduh lama dan ingin melanjutkan perjalanan, terlebih dahulu kenakan jas hujan yang tepat (bukan ponco). Lalu jangan langsung menerobos hujan, tapi tunggu sekitar 10 menit setelah hujan turun.

“Umumnya pada 10 menit pertama jalan sangat licin, karena kondisi jalan yang panas kemudian tersiram air hujan,  menimbulkan uap. Lalu ada juga lumpur jalan (tanah dan pasir yang mengendap di aspal) yang mulai muncul dan mengalir ke tepi jalan (ke posisi lebih rendah dibading bagian tengah jalan). Jadi tunggu beberapa saat sampai lumpur itu mulai menepi dari jalan, agar tidak tergelincir,” ujar Hendrik.

Langkah ketiga, saat mulai berjalan, upayakan atur kecepatan sebijaksana mungkin, tentunya jangan samakan ketika kondisi jalan kering. “Ini biasanya biker malah terbalik, bukannya pelan, mereka malah semakin ngebut saat hujan. Tepatnya adalah kurangi kecepatan,” ujar Hendrik.

Keempat, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan, lebih jauh dibanding saat kondisi jalan normal. Karena saat hujan, butuh jarak pengereman yang lebih, selain jalan licin, hitungan waktu teknis sistem pengereman bekerja juga lebih lama, berbeda ketika kondisi kering.

Kemudian terakhir, kata Hendrik, posisi jalur berkendara jangan terlalu di pinggir, atau sedikit lebih ke tengah. Karena di jalanan Jakarta khususnya, sisi tepi jalan kerap digenangi air saat hujan. Dikhawatirkan di dalam genangan itu ada lubang atau gangguan lainnya yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com