Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamah Langsung Bodi Honda Civic Turbo

Kompas.com - 18/10/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Generasi ke-10 Honda Civic yang meluncur di Indonesia pada April lalu punya banyak hal baru. Paling gampang dicerna, sekelihatan mata. Sedan kecil ini sekarang didesain tetap menyadur karakteristic Civic namun diterjermahkan kekinian.

Buat awalan, ukuran tubuh Civic sekarang panjang 4.63 m, lebar 2,075 m, dan tinggi 1,416 m. Ketimbang generasi sebelumnya, itu berarti lebih lebar 5 cm namun lebih ceper 2,5 cm. Catatan lain, panjang wheelbase bertambah 3 cm.

Febri Ardani/KompasOtomotif Wajah depan Honda Civic generasi ke-10.
Dari depan, elemen menarik yakni sistem pencahayaan. Bukan hanya fungsional tetapi juga memuaskan estetika. Lampu depan dan sein jadi satu paket, sementara daytime running light di tepi bingkai bagian dalam jadi pemanis.

Semua lampu-lampu itu jenis LED, namun sayangnya belum sampai ke lampu kabut yang ada di bemper. Waktu gelap beda cahayanya jadi kontras, dari atas putih sementara lampu kabut menghasilkan cahaya kuning.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian gril pada Honda Civic generasi ke-10 berukuran besar dan tebal.
Gril krom ukuran besar jadi identitas Civic, bentuknya mendominasi wajah depan. Ini masalah selera, namun gril sebesar itu bikin bingung jika dianalogikan ke tubuh manusia, kesannya jadi dahi apa malah hidung? Semua tergantung penikmat.

Postur Civic menjurus kupe ketimbang sedan konvensional, atau malah sebenarnya mirip liftback karena punya kaca belakang memanjang. Meski begitu, pintu yang terbuka bagian atas bagasi bukan kaca belakang. Membuka pintu bagasi mudah karena hanya tinggal memencet tombol di kunci remote.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bentuk bodi Honda Civic generasi ke-10 menyerupai "liftback" ketimbang sedan konvensional.
Di belakang, lampu mendominasi sudut kanan-kiri bodi. Bentuk lampu rem seperti bumerang. Sama seperti lampu depan, jenisnya juga LED. Kamera mundur ada di dekat pelat nomor, fitur itu satu-satunya pembantu kala parkir, tidak ada sensor jarak.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian ujung knalpot Honda Civic generasi ke-10 mirip potongan bambu runcing.
Di bagian bawah bemper belakang terdapat dua ujung knalpot. Desainnya agak sedikit janggal, karena terbentuk seperti potongan ujung bambu runcing. Kalau dipandang dari samping kelihatan seperti tempelan, padahal keduanya berfungsi.

Pelek 17 inci melengkapi penampilan, ibarat 4 sehat 5 sempurna. Keempat kakinya dilingkari ban Bridgestone ukuran 215/50.

Civic terbaru dijual Rp 475,5 juta atau jika mau beda dari standar Honda Prospect Motor juga menawarkan varian Prestige yang dijual Rp 3 juta lebih maha. Bedanya Prestige pakai bodi kit minimalis pada tepi bemper depan dan belakang serta side skirt

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com