Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Calya di Luar Ekspektasi Toyota

Kompas.com - 17/10/2016, 17:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Dari awal Toyota Astra Motor (TAM) sudah memprediksi, model baru MPV 7-penumpang Calya bakal mendapat pasar besar. Setelah dijual mulai Juli, TAM dapat kejutan karena ternyata perolehan penjualan Calya di luar ekspektasi.

Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Juli, Calya terjual 2.293 unit, lantas “meledak” menjadi 9.239 unit pada Agustus. Model produksi Astra Daihatsu Motor (ADM) ini fenomenal sebab langsung menjadi model terlaris di Indonesia mengalahkan penjualan Avanza pada Agustus sebesar 9.123 unit.

Pada September kejadian itu terulang lagi, hasil Calya lebih tinggi ketimbang Avanza. Catatannya, Calya terjual 8.832 unit sedangkan Avanza 8.812 unit.

Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran TAM menjelaskan perusahaan sudah memperkirakan penghasilan Calya akan berada di atas Avanza, namun yang tidak diduga berada di atas level 9.000 unit.

“Calya sebenarnya sedikit di atas perkiraan, awalnya 7.000 – 8.000 unit tetapi sekarang di atas 9.000,” ucap Jimmy, Senin (17/10/2016).

Walau kalah pada dua Agustus dan September, Avanza tetap mobil terlaris di Indonesia sepanjang tahun ini. Selama Januari – September sudah 91.282 unit yang terjual. Sementara itu dalam periode Juli – September, Calya laku 20.364 unit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com