Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supersport Yamaha R6 Terbaru yang Mirip R1

Kompas.com - 14/10/2016, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Milan, KompasOtomotif – Yamaha memperlihatkan penampilan baru YZF-R6 setelah dalam beberapa pekan terakhir, calon konsumen dibombardir dengan teaser-teaser video. Wajah segar supersport 600 cc itu kini justru semakin mendekati kakaknya, YZF-R1.

Lihat tampang depannya, sepintas punya gaya yang sama dengan R1 dengan lampu utama kecil dan kembar di bawah lubang udara depan. Ada alis tipis untuk DRL, sementara lampu sein tetap disematkan pada kaca spion.

Bagian depan ini secara keseluruhan tampak baru, dipadu dengan tameng angin dengan lekukan lebih dinamis. Maksud Yamaha, desain ini diklaim memberikan efek aerodinamika yang makin baik, bahkan terbaik di kelasnya.

Lebih dari itu, banyak peranti elektronik yang baru. Termasuk di antaranya kontrol traksi dengan enam level yang bisa dipilih. Menariknya, sudah ada teknologi quick-shifter seamless untuk menambah gigi, dan slipper clutch demi mengurangi gejala back torque saat menurunkan gigi.

Yamaha Banyak peranti baru, termasuk elektronik.
Dalam siaran resmi, (13/10/2016), Yamaha juga mengklaim bahwa quick shift diturunkan dari R1, yang mengatur torsi saat menaikkan gigi demi perpindahan yang sangat halus.

Sub-frame baru terbuat dari magnesium yang lebih ramping, yakni 20 mm lebih tipis, terutama di bagian depan. Ini membuat rider bisa lebih intens memeluk tangki bahan bakar demi aerodinamika yang baik. Tangki bahan bakar sendiri juga terbuat dari aluminium ringan.

Suspensi depan KYB upside down kini berukuran 43 mm, diperkuat dengan sistem pengereman yang sama dengan R1. Bagian ini terdiri dari piringan cakram 320 mm dengan kaliper 4 pot aluminium.

Belum ada detail soal spesifikasi, termasuk tenaga dan torsi, apalagi harga. Namun Yamaha memberi gambaran bahwa R6 terbaru tersedia dalam paket warna hitam dan biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com