Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Cangkok Turbo pada Generasi Baru CR-V

Kompas.com - 14/10/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Honda CR-V terbaru akhirnya muncul ke hadapan publik di Detroit, Amerika Serikat, Rabu (12/10/2016). Kesimpulannya, crossover medium ini makin canggih, beralih desain jadi makin segar, kapasitas ruang penyimpanan bertambah, dan yang tambah bikin kesengsem karena menggunakan mesin turbo.

CR-V dicangkokan jantung pacu 4-silinder segaris 1.5L turbocharged, unit ini sejenis di tubuh generasi ke-10 Civic yang sudah meluncur duluan. Pada CR-V menghasilkan tenaga 190 tk dan torsi 242 Nm, lebih tinggi 16 tk dan 23 Nm dari Civic.

Motor1.com Mesin 1.5L turbo Honda New CR-V 2017 sejenis seperti pada All-New Civic,
Jika dibelah lebih detail lagi, turbo pada Civic bekerja pada rentang 1.700  - 5.500 rpm, sedangkan pada CR-V di 2.000 – 5.000 rpm.

Pilihan mesin lama, 4-silinder 2.4L, masih tersedia untuk varian terbawah. Walau volume mesinnya lebih besar, tenaga yang dihasilkan mesin non-turbo ini lebih kecil yakni 184 tk berikut torsi 244 Nm.

Motor1.com Honda New CR-V 2017.
Sama seperti sebelumnya, CR-V terbaru hanya tersedia transmisi otomatis. Spesifikasi standar penggerak roda depan, sedangkan penggerak semua roda jadi opsi ada harga tambahan pula.

Wheelbase New CR-V lebih panjang hampir 5 cm ketimbang model yang beredar sekarang. Data baru ini membawa hal lain, yaitu kabin melega. Ruang kaki pada jok baris kedua bertambah sekitar 5 cm dan panjang bagasi bertambah 22 cm jika jok dilipat.

Aura Civic juga tertata pada interior CR-V. Desainnya makin modern dengan ornamen-ornamen baru yang elegan. Di bagian tengah dasbor terdapat monitor 7 inci yang bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Tuas transmisi juga terintegrasi pada bagian bawah dasbor.

Motor1.com Headunit Honda New CR-V 2017 sama seperti generasi ke-10 Civic, namun memiliki tombol putar.
Fitur lain di kabin, remote nyala mesin, dual-zone climate control, rem parkir elektrik, dan konektor USB untuk mengisi ulang baterai gadget. Paket alat bantu berkendara aman, Honda Sensing, juga tersedia. Pada CR-V baru paketnya terdiri dari collision-mitigation braking with forward collision warning with pedestrian sensing, road departure mitigation with lane departure warning, adaptive cruise control, dan lane keeping assist.

CR-V terbaru rencananya akan diperkenalkan lagi, kali ini untuk publik dunia di Los Angeles Auto Show pada 18 – 27 November sebelum dijual pada akhir tahun. Untuk Indonesia? Sudah dipastikan tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com