Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Anti Gaptek, Kenali Fitur Adaptive Cruise Control"

Kompas.com - 13/10/2016, 14:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Fitur cruise control mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian pengemudi di Indonesia, namun teknologi pengembangannya, adaptive cruise control, tentu masih asing. Bukan tidak mungkin fitur itu bakal jadi opsi mainstream pada mobil-mobil mewah di Indonesia. Nah, biar tidak ketinggalan berikut penjelasannya menurut Road and Track.

Pada cruise control, pengemudi mengatur berapa kecepatan konstan maksimum yang diinginkan sedangkan pada adaptive cruise control ada hal lain yang diatur, yaitu jarak antar mobil pengemudi dengan kendaraan di depan,

Adaptive cruise control membuat mobil berjalan konstan seperti cruise control. Namun setelah menemukan kendaraan lain di depan, sistem menurunkan kecepatan hingga menguntit sesuai jarak yang ditentukan. Jika kendaraan di depan keluar jalur, maka kecepatan kembali ke batas awal.

Kerja adaptive cruise control mengandalkan radar –bisa juga ada tambahan laser- untuk mendeteksi kendaraan lain. Beberapa mobil menggunakan dua radar untuk menganalisa jarak pendek dan jauh sampai sekitar 180 m.

Radar selalu bekerja, memberikan input kepada sistem elektronik mobil untuk mengatur bukaan gas, transmisi, manajemen tenaga mesin,dan pengereman. Sistem memberikan peringatan jika radar menyadari potensi kecelakaan via cahaya dan klakson.

Fitur pada Honda Accord:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com