Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kudeta" Calya Juga Terjadi di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 12/10/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada Agustus lalu, Calya bikin kejutan dengan merebut gelar terlaris penjualan baru bulanan di Indonesia dari Avanza yang selama bertahun-tahun jadi raja. Diprediksi, “kudeta” itu bukan cuma terjadi di penjualan mobil baru tetapi juga di pasar mobil bekas (mobkas).

Saat ini, menurut Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, belum ada satupun unit Calya di sentra mobkas. Jika saja suplai unit sudah dimulai, dikatakan bakal tidak sulit menjualnya kembali.

Pasokan unit Calya ke diler mobil baru dimulai pada Juli. Butuh kira-kira sebulan lagi dari sekarang sampai Calya dijual di diler mobkas.

Kriteria konsumen yang selama ini datang ke sentra mobkas WTC Mangga Dua dijelaskan sebagian besar mencari MPV muat tujuh penumpang. Model terlaris di antara lebih dari 35.000 unit yang terjual pada 2015 yakni Avanza.

Calya jadi opsi lain yang bisa dibeli lebih murah. Selain itu, kendati Calya berada di kelas di bawah Avanza, kemungkinannya laris tetap besar karena produksi kelahiran muda.

“Ini yang diuntungkan konsumen karena Avanza-Xenia itu overprice,” ucap Herjanto, Selasa (11/10/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com