Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Timur ”Tambang Emas” Tata Motors

Kompas.com - 11/10/2016, 18:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tiga tahun sudah PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menjelajahi pasar otomotif Indonesia. Selama masa itu, lebih dari 3.000 unit kendaraan buatan India itu menyebar dengan Jawa Timur sebagai daerah yang paling banyak melakukan penyerapan.

Hampir 40 persen kontribusi Jawa Timur terhadap penjualan TMDI, meski Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta mengklaim teritori lainnya di Indonesia juga sedang tumbuh pesat. ”Banyak daerah yang menjadi andalan, salah satunya Makassar,” kata Biswadev, (10/10/2016), di Jakarta.

Dari 20 diler 3S TMDI, lima di antaranya ada di Jawa Timur. Biswadev mengatakan bahwa daerah ini mempunyai diler yang sangat aktif melakukan kegiatan untuk menarik konsumen. Selain itu, konsumen di Jawa Timur juga tergolong banyak yang berani mencoba merek baru.

”Pertumbuhan di Jawa Timur paling cepat. Kami memang merek baru (di Indonesia) dan menawarkan berbagai produk yang bersaing, dan masyarakat di Jawa Timur lebih terbuka,” kata Biswadev.

Saat ini, fokus TMDI adalah terus memperkuat jaringan, termasuk menambah lebih banyak di derah lain, sekaligus memperkuat jaringan yang sudah ada saat ini. Biswadev menekankan bahwa tidak ada main diler dan sub diler, tapi lebih menerapkan sistem diler dan cabang.

TMDI saat ini sudah memiliki 150 titik lokasi untuk konsumen bersentuhan langsung dengan merek. Termasuk di antaranya 20 diler 3S dan titik-titik penjualan atau servis yang tersebar di berbagai daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com