Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati SuperSport, "Superbike" Spesialis Perkotaan

Kompas.com - 05/10/2016, 17:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Cologne, KompasOtomotif – Ducati mengenalkan SuperSport yang langsung terjun di segmen sportbike jalanan. Model ini akan berdampingan dengan Panigale yang memang lebih difokuskan untuk penggunaan di trek balap.

SuperSport ditenagai mesin Testastretta 11 derajat 937 cc yang sanggup memuntahkan tenaga 111 tk @9.000 rpm dan 96,6 Nm @6.500 rpm. Ducati mengklaim, torsi maksimal bisa dicapai 80 persennya pada 3.000 rpm. Pasangannya, transmisi 6-percepatan dengan slipper clutch.

Motor sudah dilengkapi ECU yang membagi performanya pada tiga mode berkendara, yakni Sport, Touring, dan Urban. Aliran gas buang bersistem pembagian 2-1-2 menuju silencer ganda yang berada di bawah pijakan kaki kanan.

Crankcase dan kepala silinder dimodifikasi, sehingga mesin jenis Testastretta ini bisa dipasang pada rangka trelis yang baru. Sistem pendingin dan penutup alternator juga diubah untuk memberikan ruang pada sensor posisi gir.

Ducati Pilihan superbike lebih bijak untuk jalanan umum ketimbang Panigale.
Ducati menyatakan bahwa sasis sangat rigid tapi ringan, menjaga total bobot yang hanya 210 kg. Kombinasi rake 24 derajat, trail 3,68 inci, dan jarak sumbu roda 58,2 inci, SuperSport diklaim sangat mudah dikendarai, baik di area urban maupun jalan berliku di pegunungan.

Sebagai fitur standar, ada DRL yang melintang pada kaca lampu depan. Instrumen full LCD. Uniknya, ada port buat USB yang diletakkan di bawah jok, diklaim tahan air.

SuperSport akan tersedia menjadi dua model. Pertama, tipe standar, dibanderol 12.995 dollar AS (Rp 168 jutaan) dan tipe S dipatok 14.795 dollar AS (setara Rp 192 jutaan).

Tipe S ini sudah mendapat penambahan paket suspensi lebih baik dan quick shifter. Ducati juga akan menawarkan pilihan paket Sport atau Touring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com