Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Mitsubishi Boleh Jualan Lagi di Jepang

Kompas.com - 01/10/2016, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Mitsubishi Motors akhirnya kembali melanjutkan penjualan di negara asalnya, Jepang, setelah memenuhi permintaan pemerintah untuk memperbaiki kesalahan kedua perusahaan. Sebelumnya, ada delapan model yang dilarang untuk dijual, sebelum data konsumsi bahan bakar diperbaiki.

Pelarangan jualan delapan model dilakukan pada Selasa (30/8/2016) dan setelah satu bulan berlalu, kali ini Pemerintah Jepang sudah mempersilahkan Mitsubishi kembali berjualan, mulai 1 Oktober 2016. Pihak Mitsubishi mengatakan, Jumat (30/9/2016), pencabutan larangan dilakukan setelah pihaknya mengoreksi data jarak tempuh dan memperbaikinya.

Baca juga : Jepang “Stop” Penjualan 8 Model Mitsubishi

Mobil terbesar keenam di Jepang, mengaku telah memalsukan jarak tempuh pada 12 model, termasuk Pajero dan Outlander SUV, di mana ini memukul reputasi Mitsubishi. Meski begitu hanya delapan model yang dijual dpasar domestik yang penjualannya diberhentikan sementara.

Mengutip Reuters, Jumat (30/9/2016) nilai pasar dari Mitsubishi, sejak skandal mulai pecah khususnya untuk yang pertama, mendorong mereka untuk mencari bantuan keuangan dari Nissan, yang akhirnya setuju untuk membeli sepertiga sahamnya dan membuatnya sebagai pengendali.

Jepang, menjadi salah satu pasar terbesar Mitsubishi, lalu ada juga beberapa wilayah lain, seperti Eropa, Asia dan daerah lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com