Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Benar Menyewa Mobil

Kompas.com - 01/10/2016, 07:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kendaraan adalah salah satu unsur penting yang menentukan kenyamanan dalam berwisata. Salah memilih kendaraan sewa, momen wisata yang harusnya penuh kebahagiaan justru jadi rusak. Untuk itu penting untuk melakukan pertimbangan sebelum menyewa mobil untuk berwisata.

Berikut adalah tips yang perlu diperhatikan saat meyewa mobil untuk berwisata menurut Jacob Anthonius Margareta, Chief Operating Officer Trac Astra Rent a Car Rental Services saat dihubungi Kamis (22/9/2016) : 

1. Jumlah penumpang 

Sebelum menyewa mobil, Jacob menyarankan bagi calon penyewa untuk memastikan jumlah penumpang dan perkiraan jumlah bagasi. "Ada mobil yang cocok untuk wisata keluarga ada juga mobil yang cocok untuk pasangan bulan madu misalnya," kata Jacob. 

2. Pastikan kondisi mobil

"Jangan sampai mobil yang disewa rusak di tengah jalan," kata Jacob. Untuk itu ia menyarankan saat menyewa mobil, penyewa harus memastikan mobil sewa dalam kondisi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari tipe mobil, tahun keluaran mobil, serta servis perawatan mobil. 

3. Ada asuransi

Kebanyakan penyewa mobil menurut Jacob mudah tergiur harga sewa mobil yang murah. "Padahal tidak ada asuransinya, kalau ada insiden biaya ganti ruginya bisa lebih mahal daripada beli tiket pesawat," kata Jacob.

4. Waktu penyewaan

Khusus bagi penyewa yang ingin menyewa mobil pada musim liburan yakni bulan Juli dan Desember, Jacob menyarankan untuk memesan jauh-jauh hari, sekitar dua bulan sebelum. Pada luar musim liburan, umumnya mobil sewa dipesan satu minggu sebelum.

5. Mobil pengganti

Fasilitas lain yang dapat menjadi pertimbangan bagi penyewa adalah penyediaan mobil pengganti apabila mobil sewaan mogok di tengah jalan. 

***

Ikuti kuis "Take Me Anywhere 2" yang diadakan KompasTravel bersama OPPO dan buktikan sendiri keseruan beraktivitas di Yogyakarta. Ikuti periode keempat "Quiz on Article" dengan klik artikel berikut: Kesempatan Terakhir Dapatkan Liburan Gratis bersama "Take Me Anywhere 2"

Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesepatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F1s.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com