Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempaan Instruktur "Safety Riding" Honda untuk Mendunia

Kompas.com - 29/09/2016, 16:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tiga instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) mulai menjalani persiapan intensif menghadapi ajang kompetisi safety riding internasional, The 17th Safety Japan Instructors’ Competition 2016 di Jepang, 20-21 Oktober mendatang.

Tahun ini AHM berpartisipasi di tiga kelas yang dilombakan, yaitu 750 cc yang akan diwakili oleh M Ady Sucipto, peraih Best of the Best kategori Big Bike kejuaraan Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2016.

Kelas kedua, 400 cc, diikuti I Gusti Agung Budi Dharma; peraih juara kedua kategori Big Bike AHSRIC 2016; dan kelas 125 cc oleh Dimas Satria Kelana Putra, peraih juara pertama kategori Sport AHSRIC 2016.

Persiapan menghadapi kompetisi dilakukan mulai 1 Juli 2016 dan akan dilaksanakan sampai dengan 18 Oktober. Latihan dilakukan dengan empat tahapan di area asal masing-masing, kemudian dipusatkan untuk latihan bersama di Safety Riding Center Wahana Makmur Sejati, Tangerang. Setelah itu latihan lebih diintensifkan lagi dengan mengirimkan ketiganya untuk berlatih ke Jepang.

Selama masa pelatihan, berbagai materi mengenai keselamatan berkendara kembali diperdalam untuk mengoptimalkan potensi para instruktur. Latihan praktik dilakukan demi menjaga konsistensi pencapaian waktu dalam sesi braking, plank riding, dan slalom course. Tidak ketinggalan latihan fisik untuk tetap menjaga kebugaran.

Demi meningkatkan kepercayaan diri dan penyesuaian skill para instruktur, AHM memfasilitasi program latihan tersebut dengan penyediaan tipe sepeda motor yang akan diperlombakan yaitu GROM125, CB650F, dan NC750.

”Tahun ini adalah kali ke-12 keikutsertaan AHM dalam ajang uji kompetensi instruktur safety riding tingkat internasional. Konsistensi ini kami lakukan karena kami sadar pentingnya memiliki duta keselamatan yang punya kemampuan terbaik dalam menyebarkan virus safety riding di tengah masyarakat,” ujar GM Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra.

The 17th Safety Japan Instructors’ Competition 2016 di Jepang merupakan uji kompetensi instruktur safety riding yang diikuti oleh berbagai negara, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, India, Malaysia, Singapura, Taiwan, Turki, dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com