Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus-Minus New Mirage Pakai Pelek Besar

Kompas.com - 28/09/2016, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif - Mitsubishi memasarkan New Mirage untuk Indonesia dalam tiga pilihan varian, yaitu GLX, GLS, dan Exceed. Perbedaan antar ketiganya selain soal transmisi, juga pada ukuran alias diameter pelek.

Tipe Exceed dan GLS hadir dengan desain baru berukuran 15 inci, sedangkan GLX 14 inci, dan sudah menggunakan bahan alloy. Lantas, jika ada konsumen yang ingin mengganti ukuran, apa dampaknya?

Adilyansyah, Staf Technical Service Departemen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, ada dua pilihan. Pertama dilihat dari sisi positif, dan terakhir negatif.

Bicara poin plusnya, lanjut Adil panggilan akrab Adilyansyah, dengan menggunakan ukuran pelek dan ban lebih besar maka pengendaliannya bisa lebih stabil, karena tapak ban ke aspal lebar. Penampilan juga bertambah baik karena terlihat lebih kekar.

Sedangkan sisi minusnya, salah satunya adalah mengenai efisiensi atau konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Meski faktornya tidak terlalu besar, namun karena koefisien gesek semakin besar, otomatis menjadi boros.

"Handling juga akan berkurang atau tidak senyaman seperti setingan awal. Sebab, ganti pelek atau ukuran ban lebih besar dari aslinya otomatis pengaturan semuanya berubah," kata Adil menjawab pertanyaan KompasOtomotif di sela acara media test drive New Mirage di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/9/2016).

Namun, bagi pengguna New Mirage masih bisa berkendara irit. Sebab, tersedia fitur ECO, dan indikatornya dapat dilihat di meter cluster. Fungsi dari fitur tersebut, memberikan informasi kepada pengemudi untuk menjaga kondisi mengemudi yang efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com