Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Unik pada CVT Mitsubishi New Mirage

Kompas.com - 27/09/2016, 16:30 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Malang, KompasOtomotif - Mitsubishi New Mirage yang di pasarkan di Indonesia terdiri dari tiga varian, yaitu Exceed, GLS, dan GLX. Secara pilihan transmisi, hanya GLX yang tidak punya pilihan  CVT (Continously Variable Transmission).

Namun, untuk pilihan CVT tersedia shifter B. Lantas apa fungsi dan bisa digunakan dalam kondisi jalan yang bagaimana?

Teguh Hendratno, Technical Service Departement Service Enginering dan Testing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjelaskan, B itu kependekan dari Brake. Bisa digunakan ketika jalan turun.

"Karena sifatnya itu seperti engine brake, jadi ketika jalan menurun seolah-olah seperti shift down," ujar Teguh di sela acara media test drive New Mirage di Malang, Jawa Timur, Selasa (27/9/2016).

Aditya Maulana - KompasOtomotif Tuas CVT Mitsubishi New Mirage

Menurut Teguh, ketika dari posisi D dipindahkan ke B, akan terjadi pengereman, dan kecepatan mobil otomatis berkurang. Sehingga, bisa membantu pengemudi memaksimalkan dalam hal pengereman.

"Fungsinya memang seperti itu, namun cukup penting. Fitur ini juga belum pernah digunakan di model Mitsubishi lainnya," kata Teguh.

Transmisi CVT New Mirage itu sendiri diklaim membantu perpindahan gigi menjadi lebih halus dan tanpa adanya hentakan. Berkat teknologi INVECS-III yang secara otomatis memilih gear ratio lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com