Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami 3 Mode Berkendara Honda CBR250RR

Kompas.com - 27/09/2016, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Sebelum bermain-main dengan kecepatan, KompasOtomotif menitikberatkan pembahasan pada mode berkendara yang dimiliki All New CBR250RR. Inilah fitur yang bakal bikin para kompetitor ”puyeng”, karena mirip moge-moge di atas 500 cc.

Kesempatan mengetes versi prototipe CBR250RR di Proving Ground milik Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, Senin (26/9/2016), adalah waktu yang tepat mengeksplor beda rasa tiga mode berkendara yang diatur dengan peranti elektronik itu.

Ada tiga mode yang bisa dipilih, yakni Comfort, Sport, dan Sport +. Semuanya beda karakter, dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

”Kapan pun Anda mau, mode ini bisa diganti-ganti via tombol di setang kiri bagian depan. Asal, handel gas ditutup penuh dulu,” terang Sarwono Edhi, Technical Service Training Development AHM memberi petunjuk.

Pada sesi tes pertama, secara berurutan KompasOtomotif menjajal mode ”Comfort” lebih dulu, disusul ”Sport”, lalu ”Sport +”.

KompasOtomotif-donny apriliananda Mode berkendara pada Honda CBR250RR yang terbagi atas mode Comfort, Sport, dan Sport Plus, bisa dipindah saat motor melaju, tapi gas harus ditutup sepenuhnya. Tombol ada di setang kiri.
Menariknya, di mode comfort, karakter galak sepeda motor sudah terasa. Saat putaran mesin berada di bawah, mode ini menjaga tenaga dan torsi motor untuk ”tetap tenang” agar mesin tidak tersendat-sendat pada kecepatan rendah.

Lap kedua, mode dipindah ke posisi Sport. Seketika motor makin asyik diajak ”lari”. Mencapai putaran menengah-atas lebih gampang, dan karakter ini juga membuat suspensi lebih kaku, terutama saat menikung.

Lebih ganas lagi saat mode berkendara dipindah ke posisi Sport +. Dengan mode ini, naik motor bermesin 250 cc seperti naik moge 500 cc. Tenaga juga jadi lebih linear. Saat gigi dipindah, sangat sedikit tenaga yang turun. Motor siap terus diajak menambah kecepatan.

Seberapa cepat dan nyaman buat menikung? KompasOtomotif siap jabarkan dalam artikel lain.

Istimewa-Bayu Nur Patria KompasOtomotif saat meliuk pelan menggunakan mode comfort.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com