Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 8 Fitur Canggih Mobil, Sebentar Lagi

Kompas.com - 22/09/2016, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berbicara mobil terbang, walaupun sudah banyak yang mengaku sedang mengembangkan, tapi nampaknya itu masih sulit jadi kenyataan. Jadi tidak perlu berpikir terlalu jauh, saat berbincang mengenai mobil masa depan, cukup dengan teknologi yang sekedar membuat mengemudi lebih aman, nyaman, sederhana, dan efisien.

Jangan pula hanya terbatas pada mobil self-driving atau otonomos, karena mobil-mobil masa depan ini, akan bisa lebih dari sekedar hanya bisa menjadi supir pribadi. Seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah produsen mobil Jerman, di mana ada sejumlah teknologi baru, yang satu hari akan ada mobil yang bisa berpikir untuk kita.

Berikut adalah 8 teknologi yang bakal umum digunakan pada mobil dalam beberapa tahun ke depan, seperti yang diinformasikan oleh Audi, mengutip Motoring, Rabu (21/9/2016).

Personal Assistant

Teknologi ini, memungkinkan mobil secara otomatis memberikan informasi kemacetan lalu lintas dan cuaca, sesaat setelah pengmudi masuk ke dalam mobil. Lebih dari itu, sistem ini akan memberi jalan keluar, jika pengemudi perlu merencanakan sesuatu dalam perjalanan.

Pre-heat atau pre-cool system

Fitur ini sudah dimiliki oleh beberapa mobil seperti Jaguar XE dan Nissan Leaf. Fitur ini bisa otomatis memanaskan atau mendinginkan kabin mobil, serta memastikan baterai dalam keadaan terisi penuh. Pemilik mobil bisa mengaktifkan atau menyalakan fitur tersebut dari sebuah aplikasi pada ponsel pintar, tanpa harus pergi ke garasi sendiri untuk menyalakannya.

Personal Route Assist

Fitur ini sudah tersedia di beberapa kendaraan termasuk Audi Q7, A4 dan A5. Lebih dari itu, sistem navigasi ini akan mempelajari lokasi yang sering dituju, dan akan membuat kesimpulan dan saran untuk perjalanan berikutnya, seperti memberikan rute baru untuk menghindari kemacetan.

Road Sign & Object Recognition

Banyak produsen mobil yang berupaya untuk membuat mobil yang sepenuhnya otonomos. Mereka kemudian nantinya akan mengajarkan mobil mereka, untuk dapat membaca dan mengenali tanda-tanda jalan, sehingga mereka bisa bereaksi sesuai dengan kondisi jalan, seperti tanda batas kecepatan, dan lainnya. Ini akan memperkecil kemungkinan kecelakaan.

Car-to-car Communication

Mobil nantinya akan dilengkapi dengan beberapa sensor, untuk memantau ribuan titik data yang dibagikan ke cloud (internet). Ini bisa membuka komunikasi antar mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem internet, di mana akan berbagi informasi mengenai kondisi jalan, cuaca, dan tempat parkir kosong seperti yang sedang dikembangkan Mercedes Benz.

Traffic Jam Assist

Kemacetan bukan hal yang mengherankan, di belahan duni manapun, dan fitur ini akan membantu mengurangi beban pengemudi. Mobil akan secara otomatis mengatur akselerasi dan pengereman sendiri dalam lalu lintas padat. Fitur ini juga sudah ada pada beberapa model kendaraan, yang kemungkinan bisa diadopsi untuk semua model mobil, tanpa harus membuat harga mobil menjadi mahal.

Accident alert

Jika mobil terlibat dalam kecelakaan, kendaraan akan segera mengingatkan tim bantuan darurat dan memberikan lokasi kejadian. Beberapa perusahaan sudah mengembangkan komponen ini, untuk bisa dipasangkan di dalam mobil, seperti di eropa, eCall Device.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com