Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari-Agustus, Honda Jazz Jadi Raja “Hatchback”

Kompas.com - 21/09/2016, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berbicara segmen mobil, bukan cuma seputar kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) atau sport utility vehicle (SUV). Salah satu model yang juga masih banyak peminatnya di Indonesia, adalah Sub-kompak B atau lebih dikenal dengan julukan hatchback.

Bicara segmen sedan tanpa bagasi namun di Indonesia masuk kategori kendaraan 4x2 ini, total pasarnya periode Januari-Agustus 2016 mencakup 3,90 persen dari total wholesales.

Sumbangan di tahun ini, tidak berbeda jauh ketimbang tahun sebelumnya (2015), sebesar 4,22 persen pada periode yang sama. Mungkin dengan penambahan dan penyegaran produk baru, bisa menarik minat konsumen dan memberikan kontribusi positif di segmen ini.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan Hatchback periode Januari-Agustus 2016.

Raja Hatchback

Jika melihat lebih rinci data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam delapan bulan sepanjang 2016 ini (Januari-Agustus) Honda Jazz berhasil menguasai pasar hatchback. Menikmati pangsa pasarsampai 45,35 persen atau terjual 12.228 unit.

Baru kemudian diikuti oleh Toyota Yaris dengan perolehan 10.926 unit, atau kebagian jatah kue 40,52 persen. Kemudian lima besar lainnya ada Mazda2 dengan total 2.237 unit, di mana pangsa pasarnya sebesar 8,3 persen.

Lalu Suzuki Swift ada diposisi keempat dengan raihan 526 unit (1,95 persen), dan terkahir Kia All New Rio dengan perolehan 403 (1,49 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com