Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermasalah, Zero "Recall" Hampir 100 Unit

Kompas.com - 20/09/2016, 15:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Pabrikan sepeda motor listrik asal Amerika Serikat, Zero Motorcycle, melakukan kampanye perbaikan pada model SR, S, DS, dan FX produksi 2015. Menurut pemberitaan Asphalt and Rubber, Senin (19/9/2016), masalah terjadi pada sistem elektronik konverter DC-DC yang mengubah tegangan listrik.   

Dijelaskan, output yang jadi tenaga untuk memutar roda bisa jadi tidak sesuai, membuat sistem anti-lock braking system (ABS) tidak bekerja sempurna. Jika kebutuhannya tidak cukup saat ABS aktif, maka kemungkinan ABS dan semua lampu tidak bisa bekerja.

motorcycle-usa.com Zero Motorcycles
Penyakit itu dianggap berpotensi jadi penyebab kecelakaan. Autoevolution menjelaskan analoginya. Saat berkendara pada malam hari, ketika pengendara mengerem secara mendadak, ABS malah tidak aktif, dan lebih parah lagi, lampu juga mati.

Ada 96 unit yang diketahui terjangkit masalah ini dan perlu diperbaiki. Zero sudah menghubungi konsumennya, dan proses perbaikan dilakukan mulai 16 September 2016. Diler Zero juga berinisiatif menginspeksi konverter DC-DC pada unit lain, dan menggantinya jika perlu.

Model-model Zero yang bermasalah juga dijual di Indonesia via Grup Garansindo. Managing Director Garansindo Technologies Dhani M Yahya belum merespons panggilan telepon sampai berita ini diturunkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com