Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Siapkan Yaris Mesin Aluminium

Kompas.com - 19/09/2016, 07:02 WIB


Jakarta, KompasOtomotif
– Setelah meluncurkan dua model andalannya, Sienta dan Calya, ternyata Toyota masih punya satu amunisi tersisa, yakni Yaris. Hatchback andalan Toyota ini akan dilahirkan kembali mengendong mesin baru berbasis aluminium dan varian baru Heykers.

Dari informasi yang diperoleh KompasOtomotif, Yaris baru akan meninggalkan mesin lawas 1 NZ – FE yang berbasis besi dengan model terbaru, 2NR-FE, berkapasitas sama 1.5L, aluminium, berteknologi dual VVT-i. Kabarnya, mesin ini mampu membuat Yaris lebih irit konsumsi bahan bakarnya ketimbang model lawas.

Mesin ini diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), juga digunakan oleh model Toyota yang lain, yakni Sienta. Sama seperti Yaris, Vios juga nantinya bakal dibekali mesin sama. Bahkan, di Thailand, Vios sudah menggunakan mesin ini, hasil pasokan dari Karawang, Jawa Barat.

Selain itu, mesin Yaris baru juga bakal tersedia dalam dua pilhan transmisi, manual 5-percepatan dan CVT.  Informasi ini tertuang dalam Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian, menuliskan kalau pengajuan produksi Yaris oleh TMMIN tahun ini, adalah 5.280 unit untuk varian CVT dan 4.469 unit untuk yang manual.

Stanly/Otomania Modifikasi Yaris Heykers

Varian Baru
Selainpembaruan pada sektor mesin dan transmisi, Toyota juga siap menambah varian Yaris yang dijual untuk Indonesia. Varian ini disebut Heykers, sudah sempat menjeng di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus lalu.

Ubahan utama ada pada bagian eksterior dan ground clearence yang lebih tinggi dari Yaris standar. Toyota meluncurkan Heykers untuk mengimbangi upaya Suzuki melepas SX4 Scroos. Mencoba menghindangkan menu baru dari makanan lama dengan beberapa tambahan bumbu penyedap.

Tanpa bermaksud mengurangi rasa penasaran, rencananya Toyota akan meluncurkan Yaris ini dalam waktu dekat, kabarnya November. Siap-siap!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com