Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Ciptakan Kursi Mobil "Jaring Laba-laba"

Kompas.com - 16/09/2016, 13:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Jika ada yang berpikir kalau kursi mobil tidak bisa berevolusi lebih modern, mungkin anda harus berpikir dua kali saat melihat inovasi bangku mobil milik Lexus. Berbeda dari desain kebanyakan, Lexus kali in menggunakan konsep jaring laba-laba.

Mengutip Carscoops, Jumat (16/9/2016), rencananya akan diresmikan di Paris Auto Show. Konsep yang disebut Kinetic Seat (kursi kinetik) dibangun dengan bahan serat bersih. Selain itu, kursi ini  memiliki gerakan rotasi pada bantalan dan sandaran kursi, ditambah dengan pola jaring laba-laba yang fleksibel.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa bantalan dan sandaran kursi bergerak? Ternyata ini terkait dengan tulang belakang. Lexus ingin memberikan kenyamanan pada tubuh pengemudi, dengan menyesuaikan pergerakan tulang belakang dengan tulang panggul dan dada, khususnya ketika mobil bergerak.

Selain nyaman, pergerakan kinetik “kursi spiderman” ini akan menstabilkan kepala, dari guncangan yang disebabkan oleh pergerakan mobil, di mana membuat pengemudi tetap fokus pada pandangan ke depan.

Pola labas-laba sendiri diuat dari bahan sutra laba-laba sintetik yang ramah lingkungan. Komponen utama dari bahan tersebut adalah protein, yang dibuat melalui fermentasi mikroba. Desain kursi ini juga tampak ramping dan ringan, sehingga bisa mengurangi bobot kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com